Prihatin Nasib Pedagang, Machfud Kumpulkan Pedagang Pasar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 13 Mei 2020 20:43 WIB

Prihatin Nasib Pedagang, Machfud Kumpulkan Pedagang Pasar

i

Mahfud menyerahkan cairan desinfektan dan alat. SP/ALQ

SURABAYA PAGI,  Surabaya – Munculnya klaster pasar sebagai tempat penyebaran Covid-19 membuat Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin prihatin. Calon Wali Kota Surabaya ini mengumpulkan mereka untuk memberikan perhatian dengan pemberian cairan desinfektan dan alat semprot .

Mantan Kapolda Jawa Timur ini mengungkapkan, para pedagang ini mengeluhkan dampak pandemi Covid-19 membuat penghasilan mereka berkurang jauh, untuk itu mereka perlu mendapat perhatian serius. 

Baca Juga: Wali Kota Surabaya Eri Resmikan Gedung Baru PMI

"Mereka tadi menyampaikan beberapa hal, salah satunya corona membuat penghasilan mereka berkurang. Saya berharap mereka bisa menjaga diri dan kesehatan agar terhindar dari covid karena ada klaster corona di pasar sehingga tutup," ujarnya, Rabu (13/5).

Cak Machfud, sapaannya, mendorong para pedagang menjaga kesehatan, kebersihan, dan tidak berkerumun. Upaya ini sebagai langkah untuk mencegah penularan virus corona. 

"Mereka juga meminta agar kualitas pasar ditingkatkan. Karena memang beberapa pasar tidak representatif, tidak layak berada di tengah kota seperti Pasar Kapasan, Keputran. Jadi ini perlu revitalisasi," ujarnya.

Karena itu, Machfud mengatakan salah satu program yang akan dilakukan setelah terpilih menjadi Wali Kota Surabaya adalah merevitalisasi pasar. Seperti pasar turi yang perlu ditangani serius sebagai salah satu pasar legendaris di Surabaya.  

"Pasar Turi itu harus dihidupkan lagi, karena ada 11 ribu pedagang disana, selain itu hampir seluruh pasar tradisional di surabaya juga a harus direvitalisasi, karena kondisinya sangat tidak tertata dan kumuh,” tegasnya.

Salah satu pedagang JMP Munif Attamimi mengapresiasiasi kepedulian Machfud Arifin kepada para pedagang. Menurutnya, Machfud sangat pantas menjadi penerus Tri Rismaharini sebagai Wali Kota Surabaya.

Baca Juga: DSDABM Kota Surabaya Akan Segera Tuntaskan 245 Titik Banjir di Surabaya

"Beliau memiliki perhatian yang sangat luar biasa kepada pedagang. Beliau mendukung pengelolaan pasar karena prospek dan incomenya besar," ujarnya.

Pedagang batik JMP ini memandang, keinginan Machfud menghidupkan kembali Pasar Turi sebagai langkah yang bagus. Pengalamannya sebagai Kapolda Jatim tahu betul bagaimana menghidupkan perekonomian di Kota Surabaya 

"Kami para pedagang senang dan optimis, mudah-mudahan Allah mentakdirkan beliau sebagai wali kota Surabaya," doanya.

Sementara itu Tokoh masyarakat kapasan Mohamamd Ramli menilai, Machfud Arifin memiliki kesamaan visi-misi dengan pedagang. Dimana, Machfud memiliki rencana mulia untuk meningkatkan perekonomian para pedagang pasar. 

Baca Juga: Wali Kota Surabaya Minta Surveyor Gali Informasi untuk Atasi Kemiskinan

"Kami pedagang Kapasan akan mendukung beliau menjadi wali kota Surabaya, dan menjadikan pasar sebagai prioritas untuk mewujudkan ekonomi Surabaya," ucapnya. 

Ramli menambahkan, Para pedagang mendapatkan bantuan disinfektan dan alat penyemprotnya. Bantuan ini sangat berguna untuk mencegah penularan virus corona di pasar-pasar Surabaya. "Bantuan ini tepat, karena ini sangat berguna untuk mencegah corona," tukasnya. Alq

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU