Program LPJ Gandeng PT Pos Indonesia Untuk Jangkau Gresik dan Sidoarjo

Petugas Menaikkan Barang Yang Akan Dikirim Ke Masyarakat Gresik Dan Sidoarjo . SP/ADT

SURABAYA PAGI, Surabaya - Program Lumbung Pangan Jatim kian memperluas jangkauan layananannya. Berkolaborasi dengan PT Pos Indonesia, kini masyarakat di wilayah Kabupaten Gresik dan Kabupaten Sidoarjo juga bisa menikmati layanan belanja sembako murah dengan gratis biaya pengiriman.


Warga Kabupaten Gresik dan Kabupaten Sidoarjo bisa belanja melalui online di website https://lumbungpanganjatim.com/ dan barang belanjaan akan dikirim ke tempat tujuan dengan tanpa ditarik biaya pengiriman.

Biaya pengiriman tersebut ditanggung oleh Pemerintah Provinsi melalui subsidi yang sengaja diberikan untuk memudahkan masyarakat. Dengan harapan masyarakat tak perlu lagi belanja dengan cara bertatap muka, dan juga penerapan physical distancing di tengah pandemi covid-19 bisa terlanksana. Terlebih kini kawasan Surabaya Raya juga tengah memasuki Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid kedua.

Erlangga Satriagung, Direktur Panca Wira Usaha (PWU) Jatim selaku penyelenggara Lumbung Pangan Jatim menyatakan gagasan perluasan jangkauan layanan ini merupakan tanggapan dari antusiasme masyarakat yang sangat tinggi.

Sebelumnya, program gratis ongkis hanya diberlakukan bagi pelanggan yang jaraknya maksimal 20 kilometer. Namun nyatanya cukup banyak warga masyarakat yang melakukan pemesanan namun jaraknya lebih dari 20 kilometer.

"Transaksi yang terjadi selama dua pekan cukup tinggi. Mereka ada juga yang jaraknya lebih dari 20 kilometer belanja via website dengan harapan bisa gratis ongkir,’’ katanya. "Maka kami pun mencari solusi agar mereka juga tetap terlayani. Oleh sebab itu kami menggandeng PT Pos Indonesia," tambah Erlangga.

Sistemnya, sebanyak dua kali sehari, setiap siang pukul 13.00 WIB dan pukul 16.00 WIB, tim dari Lumbung Pangan Jatim merekap belanjaan dari pelanggan dari wilayah Kabupaten Gresik dan Kabupaten Sidoarjo.

Setelah direkap di waktu tersebut maka seluruh belanjaan pesanan online dari pelanggan akan dibawa ke satu titik pool di Gresik dan Sidoarjo, kemudian diantarkan ke masing-masing alamat dengan layanan PT Pos Indonesia.

Dengan perluasan ini, hampir seluruh kawasan yang kini tengah diterapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Surabaya Raya bisa terjangkau. Hanya ada dua kecamatan yang belum bisa terjangkau. Yakni Kecamatan Ujung Pangkah dan Bawean. Keduanya masuk Kabupaten Gresik. Layanan antar belum mencakup kesana.

Erlangga menegaskan sudah ada penghitungan terkait layanan tersebut. Ongkos kirim gratis dianggap masih bisa ditoleransi dalam subsidi yang diberikan Pemprov Jatim. ‘’Yang terpenting, masyarakat terlayani dengan baik,‘’ ucapnya.

Sesuai tujuan awal dari penyelenggaraan program ini, Lumbung Pangan Jatim menyediakan aneka sembako murah dengan harga di bawah pasar. Mulai beras, minyak goreng, gula pasir, telur ayam, frozen food, mie instan dan juga banyak lagi. Program ini berlangsung hingga 21 Juli 2020 mendatang.

Hingga 12 Mei 2020, total transaksi Lumbung Pangan Jatim mencapai 33.313 transaksi. Dari jumlah tersebut, ada 4.533 transaksi dilaksanakan secara online. Nilai transaksinya mencapai Rp 438.961.273. Jumlah tersebut diyakini bakal bertambah ketika kolaborasi dengan PT Pos maksimal. Adt