Program Seragam Sekolah Gratis di Jombang Dianggarkan Rp 14 Miliar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 25 Agu 2020 11:28 WIB

Program Seragam Sekolah Gratis di Jombang Dianggarkan Rp 14 Miliar

i

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Agus Purnomo. (SP/M. Yusuf)

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Untuk program seragam gratis bagi siswa SD/MI dan SMP/MTs di kota santri, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang usulkan Rp 14 miliar melalui Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) Tahun Anggaran 2020.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Agus Purnomo mengatakan, bahwa sebenarnya seragam sekolah gratis sudah dianggarkan melalui APBD TA 2020.

Baca Juga: Bola Liar Anggaran Mamin Satpol PP Jombang, DPRD Minta Inspektorat Turun

"Namun.karena situasi pandemi Covid-19, maka anggaran dalam program tersebut ikut terecofusing untuk pendanaan penanganan Covid-19," katanya, kepada jurnalis, Selasa (25/8/2020).

Namun Agus menjelaskan, program ini akan diajukan kembali di dalam PAK atau Perubahan Anggran Pendapat dan Belanja Daerah (P-APBD) Tahun Anggaran 2020. "Dari rapat internal, akan direalisasikan melalui PAK senilai Rp 14 miliar," jelasnya.

Untuk pengadaannya, terang Agus, pelaksanaan program seragam sekolah gratis akan dilakukan dengan cara lelang. Proses pengadaan kain seragam putih biru untuk SMP/MTs, hijau putih untuk MI, merah putih untuk SD serta seragam pramuka sudah selesai dilakukan.

"Untuk proses lelang melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Jombang juga sudah ada pemenangnya," terangnya.

Baca Juga: Kesadaran Politik Anak Muda Makin Tumbuh, Santri Jombang Antusias Diskusi Bareng Gus Sadad

Agus merinci, seragam sekolah gratis akan menyasar 45.469 siswa baru, mulai kelas I SD/MI maupun kelas VII SMP/MTs di Jombang. Sebanyak 11.048 siswa SD, 8.583 siswa MI.

"Kemudian siswa SMP negeri maupun swasta sebanyak 14.500, dan siswa MTs negeri dan swasta sebanyak 11.338 siswa. Totalnya mengacu jumlah siswa baru data PPDB," pungkasnya.

Perlu diketahui, pantauan di laman LPSE Jombang, bahwa pengadaan kain seragam siswa SMP/MTs negeri dan swasta putih biru dimenangkan oleh CV Sastra Guna Perkasa asal Denpasar, Bali, dengan nilai hasil negosiasi Rp 4.571.509.250,00.

Baca Juga: Gegara Sisa Pembakaran Kayu, Pabrik Jajanan Tradisional di Jombang Dilahap Si Jago Merah

Kemudian, pengadaan kain seragam pramuka siswa SMP/MTS negeri dan swasta, dimenangkan CV Wiradhikaz asal Malang, Jawa Timur, dengan nilai hasil negosiasi Rp 4.335.966.250,00.

Selanjutnya, pengadaan kain seragam putih merah untuk siswa SD negeri/swasta, dan putih hijau MI negeri/swasta  dimenangkan CV Sastra Guna Perkasa, asal Denpasar, Bali, dengan nilai hasil negosiasi Rp 2.978.443.270,00.

Terakhir, pengadaan kain seragam pramuka siswa SD/MI negeri/swasta, dimenangkan oleh CV Wiradhikaz asal Malang, dengan nilai hasil negosiasi Rp 2.885.970.175,00.(suf)

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU