Promosinya Aja, BTS Meraup Rp 128 Miliar

BTS Meal Resmi Tersedia di McDonalds Indonesia. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Dilansir dari Forbes, strategi McDonald's melalui kolaborasi dengan BTS ini diproyeksi bakal menghasilkan keuntungan hingga miliaran rupiah. Hal tersebut tercermin dari kolaborasi McDonald's dengan beberapa publik figur kenamaan yang sebelumnya juga sudah pernah dilakukan.

Sebelumnya, McDonald's tela melakukan kolaborasi dengan rapper Travis Scott pada bulan September lalu. Produk hasil kolaborasi yang berisi minuman Sprite ukuran medium, burger quarter-pounder, serta kentang goreng dengan saus barbeque, Kamis (10/6/2021).

Penjualan paket makanan hasil kolaborasi dengan BTS pun diproyeksi bakal melampaui hasil penjualan paket makanan kolaborasi sebelumnya. Sebab, popularitas BTS saat ini bisa dikatakan lebih besar dibandingkan dengan kedua publik figur sebelumnya.

Pasalnya, BTS diketahui memiliki basis penggemar yang cukup besar, terlihat dari jumlah pengikut mereka di Twitter yang mencapai 34,5 juta Sementara Scott dan Balvin memiliki jumlah pengikut di Twitter sebanyak 20,1 juta. BTS sendiri merupakan salah satu grup dengan bayaran termahal di dunia.

Berdasarkan catatan Forbes, BTS menduduki posisi ke 47 dalam Forbes 2020 Celebrity 100, sementara Scott berada di posisi nomor 82.

Bahkan, untuk pendapatan, BTS berkolaborasi dengan McDonald's, ditaksir akan mendapatkan pendapatan Rp 128 Miliar dari promo BTS Meal. Belum termasuk dari prosentase penjualan dari seluruh gerai McDonald's di seluruh dunia.

Seperti dilansir Korea Times berdasarkan sumber, BTS dibayar sekitar 3 miliar hingga 5 miliar won atau sekitar Rp38,4 miliar hingga Rp64 miliar (1 won=Rp12,8) untuk iklan merk merk asli Korea.

Sementara itu, target pasar iklan McDonald's mencapai 50 negara di dunia dan BTS diperkirakan menerima sekitar 10 miliar won atau sekitar Rp128 miliar dalam promosi BTS Meal di waralaba makanan cepat saji asal AS tersebut.

Perwakilan resmi McDonald's sempat mengungkapkan kerja sama jangka pendek tersebut dilakukan untuk mempromosikan brand mereka serta menarik perhatian lebih dari jutaan penggemar BTS di seluruh dunia.

"Kami senang memperkenalkan menu baru kami hasil kerja sama dengan BTS. Kami berharap kolaborasi ini bisa memberikan kami kesempatan untuk terhubung dengan penggemar BTS," ucap McDonald's.

Selain menyiapkan menu BTS Meal, HYBE MERCH juga menjual sejumlah merchandise BTS x MCDonald's berupa gantungan kunci, pouch, payung, selotip, dan pouch laptop.

Beberapa merchandise yang juga dirilis juga termasuk hoodies, t-shirts, handuk mandi, kaus kaki, dan sandal. Tentunya, seluruh merchandise bernuansa BTS dijual terbatas dengan kisaran harga mulai dari US$12 hingga US$110 atau sekitar Rp171 ribu-Rp1,5 juta (US$1=Rp14,2 ribu) di luar pajak dan pengiriman ke Indonesia.

 

50 Negara

BTS Meal tersedia di hampir 50 wilayah di seluruh dunia, termasuk Korea Selatan, Amerika Serikat, Kanada, Indonesia, Singapura, Hongkong, Australia dan banyak lagi.

Menurut siaran pers, BTS Meal dirancang sesuai dengan preferensi BTS sendiri.

Ini berisi makanan yang terdiri dari 10 atau 9 potong Chicken McNuggets, kentang goreng ukuran sedang, dan minuman ukuran sedang bersama dengan cabai manis dan saus Cajun yang dikembangkan di McDonald's Korea.

Semua dimulai dengan Amerika Serikat dan Korea Selatan pada 26 Mei dan 27 Mei. Dan di Indonesia sendiri, BTS Meal diluncurkan 9 Juni 2021 kemarin.

Hanya saja, promo besar-besaran melalui BTS Meal di 50 negara, hanya Indonesia saja yang ricuh.

Tidak hanya di Surabaya, di beberapa kota lainnya, Kediri, Malang, hingga Jakarta, juga menimbulkan kerumunan hingga ricuh. Akibatnya sejumlah McD ditutup

Selain itu, sejumlah pengemudi ojek online atau ojol sempat ricuh. Seperti di gerai McDonald's Duren Sawit, Jakarta Timur. Hal ini karena dipicu lamanya mengantre menu BTS Meal.

 

BTS Meal Dijual Mahal

Karena animo masyarakat besar, BTS Meal ada yang dijual dengan harga tinggi. Seperti seorang Army asal Amerika Serikat. Dia menjual nugget ayam yang menyerupai karakter dari Among Us seharga US$ 99,997 atau setara Rp 1,4 juta.

Bahkan, ada Army asal AS, melelang nugget itu di eBay pada 28 Mei 2021 dengan mulai penawaran harga US$ 0,99 hingga mendekati US$ 100.

Sedangkan, di Malaysia, negara Asia pertama di antara 49 negara di dunia yang meluncurkan BTS Meal, mengungguli Singapura, Vietnam, Filipina, Indonesia, dan bahkan Korea Selatan.

Ada Army yang membikin heboh setelah kemasan BTS Meal yang sudah digunakan dicuci, dikeringkan, bahkan dibingkai dan dipajang di dinding rumah. erc/kor/cr4/dsy