Proses Evakuasi Longsor di Banyuwangi Terkendala Medan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 16 Okt 2022 19:55 WIB

Proses Evakuasi Longsor di Banyuwangi Terkendala Medan

SURABAYAPAGI.COM, Banyuwangi - Proses evakuasi material longsor di jalan masuk Dusun Sukamade, Desa Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi masih belum bisa dilakukan. Proses evakuasi berlangsung cukup lambat karena evakuasi dilakukan hanya menggunakan alat seadanya.

Baca Juga: Pemkab Banyuwangi Fasilitasi Mudik Gratis dari Bali

Alat berat kesulitan masuk ke lokasi inti longsor lantaran sulitnya akses jalan. Medannya begitu terjal dan curam dengan permukaan berbatu besar seukuran kepala manusia.

Sekretaris BPBD Banyuwangi Mujito mengatakan terjalnya medan tidak memungkinkan alat berat model biasa bisa masuk. Perlu alat berat khusus yang mampu menyesuaikan dengan medan jalan.

"Permasalahannya ada di roda. Alat berat biasa yang menggunakan roda besi itu tidak bisa masuk. Harus pakai alat berat yang menggunakan roda karet. Ini masih kita upayakan," kata Mujito, Minggu (16/10/2022).

Mujito mengaku tidak ada pilihan lain selain mengevakuasi menggunakan alat seadanya seperti cangkul, gergaji mesin dan alat sederhana lainnya. Langkah itu adalah opsi sementara sembari menunggu langkah strategis selanjutnya.

"Kami yakin ini bisa segera ditangani," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, bencana tanah longsor kembali terjadi di jalur menuju destinasi wisata Sukamade, Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi.

Kali ini tebing di kilometer 6 dan 7 longsor. Tanah bercampur lumpur dan beberapa pohon tumbang di kawasan tersebut.

Baca Juga: Bupati Ipuk Ngantor di Desa Bumiharjo

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU