Proyek Pipanisasi PDAM Gresik Didemo Warga Sembayat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 22 Feb 2021 16:07 WIB

Proyek Pipanisasi PDAM Gresik Didemo Warga Sembayat

i

Suasana demo warga Desa Sembayat menolak proyek pemasangan pipa PDAM Giri Tirta Gresik. SP/M.AIDID

 

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Warga Desa Sembayat, Kecamatan Manyar, Gresik melakukan aksi demo di area proyek pemasangan pipa (pipanisasi) milik PDAM Giri Tirta Gresik, tepatnya di sebelah utara Jembatan Tanggok, Senin (22/2).

Baca Juga: Kantor DPD PSI Surabaya Didemo Ratusan Simpatisan

Peserta aksi meminta agar proyek pipanisasi ini dihentikan, lantaran belum adanya sosialisasi secara merata. Mereka menuding, pihak pelaksana proyek hanya melakukan sosialisasi terhadap segelintir orang yang bisa dikondisikan.

"Ini bentuk kekecewaan masyarakat terkait sistem sosialisasi. Karena sosialisasi di Sembayat itu seakan kurang transparan. Masyarakat sudah meminta ke Pak Kades untuk mengambil jalan tengah," kata Ali Mukhtar selaku korlap aksi.

Pria yang biasa dipanggil Cak Tar ini menegaskan, sejumlah warga sudah dua kali menemui Kepala Desa Sembayat untuk meminta diadakan sosialisasi ulang. Hanya saja, permintaan itu terkesan diabaikan oleh pihak pelaksana proyek.

"Akan tetapi aspirasi masyarakat yang sudah disampaikan melalui pak kades, diabaikan oleh pengembang (pelaksana proyek). Ada beberapa hal yang perlu kami sampaikan. Baik soal dampak lingkungan maupun sosial," tegasnya.

Baca Juga: Dinkes Gresik Beri Pelayanan Keliling Bagi Warga Bawean

Dia menambahkan, ada suatu ketakutan dari warga terhadap proyek pipanisasi ini. Diantaranya terkait dampak penurunan tanah, aliran air (selokan) dan keretakan bangunan. Sehingga perlu ada kesepakatan secara tertulis.

"Bentuk pertanggungjawaban dari pelaksana terhadap masyarakat itu seperti apa. Itu yang kami pertanyakan. Oleh karena itu, perlu ada kompensasi dan sosialisasi ulang. Kalau tidak, kami minta proyek ini dihentikan sementara," pungkasnya.

Kepala Desa Sembayat Amin mengatakan, bila sosialisasi proyek pipanisasi PDAM yang melintasi wilayah Sembayat telah dilaksanakan sebanyak dua kali. Sosialisasi juga menghadirkan pihak PPKT, PDAM dan masyarakat RT 19 A/B.

Baca Juga: Aktivis Praja Sumenep Demo Soroti Peredaran Minol

"Kami dari pihak desa hanya memfasilitasi. Sebenarnya sosialisasi itu sudah dilaksanakan dua kali. Dan permintaan untuk dilakukan sosialisasi ulang juga sudah kami sampaikan ke pihak pelaksana proyek," ujar Kades Amin.

Sementara itu, Nano selaku Humas PT Gemilang (pelaksana proyek pipanisasi PDAM Giri Tirta) mengatakan, permintaan warga untuk sosialisasi ulang itu tidak bisa dadakan dan perlu disampaikan terlebih dahulu kepada pihak PDAM Giri Tirta.

"Kami hanya sebagai pelaksana (proyek pipanisasi). Untuk sosialisasi itu kewenangan PDAM. Sehingga kami perlu koordinasi terlebih dahulu. Karena pelaksana itu hanya melaksanakan pekerjaan yang ada," ungkap Nano. did

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU