PT LIB : Perubahan Jadwal Tidak Bisa Diterapkan ke Semua Klub

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 16 Agu 2022 09:21 WIB

PT LIB : Perubahan Jadwal Tidak Bisa Diterapkan ke Semua Klub

i

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah mengabulkan permohonan Persebaya Surabaya terkait perubahan jadwal pertandingan kandang Persebaya yang semula bermain pukul 20.30 WIB menjadi sore pukul 15.30 WIB pada Liga 1 2022-2023.

Hal tersebut tertuang dalam keputusan surat bernomor 345/LIB-KOM/VIII/2022 yang ditandatangani Akhmad Hadian Lukita selaku Direktur Utama PT LIB.

Baca Juga: Paulo Henrique Cetak Dua Gol, Tapi Ditahan Imbang Persita

“Sehubungan dengan rujukan tersebut di atas, maka bersama ini kami PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyampaikan bahwa seluruh jadwal kandang klub Persebaya Surabaya di tahun 2022 yang mana jam kick-off di atas pukul 19.00 WIB akan disesuaikan menjadi sore hari dan akan dituangkan dalam circular yang akan disampaikan kemudian,” tulis isi surat PT LIB kepada Persebaya.

Bersamaan dengan adanya keputusan tersebut, muncul pertanyaan mengenai nasib klub-klub lain. Pasalnya beberapa kelompok suporter lain juga merasakan keresahan yang sama.

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno menuturkan bahwa revisi jadwal pertandingan malam tidak bisa digeneralisasi ke semua klub. Sebab, pemenuhan tuntutan ini berdasar hasil koordinasi dengan stakeholder terkait melihat kondisi yang ada di daerah.

Sudjarno juga menambahkan bahwa beberapa klub justru lebih nyaman malam. Otoritas keamanan ada yang menilai pertandingan malam dirasa lebih baik dalam beberapa kasus. Semuanya dikembalikan lagi berdasarkan kondisi sosial dan budaya di daerah masing-masing. 

“Apa yang kami berikan kepada Persebaya ini tidak bisa digeneralisasi kepada semua klub. Karena apa? Ada juga klub yang menginginkan mainnya malam, pukul 20.30 WIB. Ketika main malam, justru banyak penonton. Justru ketika main sore, tidak banyak penonton, kurang,” pungkasnya.

Baca Juga: Akhirnya Bajul Ijo Bisa Menang atas Klub Radja Nainggolan

Sehingga hal yang sama tidak bisa diterapkan pada klub Liga 1 lainnya.

“Taruhlah kebalikan dari ini misalnya. Ada juga dari stakeholder, dari teman-teman Polri, yang menginginkan main malam, karena kalau sore bubar masih bersama-sama dengan arus lalu lintas yang begitu padat” tuturnya.

Namun, PT LIB tidak menutup kemungkinan tetap membuka peluang bagi klub-klub yang ingin mengajukan perubahan jadwal dengan alasan tertentu. Hal itu tentu perlu dibicarakan juga kepada pemegang hak siar.

Baca Juga: Saatnya Menang, Rek!

“Jadi, tidak bisa digeneralisasi terkait kebijakan yang kami berikan dan fasilitasi untuk Persebaya. Sekali lagi, ada karakteristik yang berbeda-beda di setiap daerah,” tutur Sudjarno.

 “Karakteristik dari klub ini menginginkan berbeda-beda, sehingga tidak mungkin seratus persen sama jadwalnya. Kami harus bisa memilah keinginan-keinginan itu,” tambahnya.

Karena itu, PT LIB akan melakukan pemilihan apabila ada pengajuan perubahan jadwal pertandingan dari klub sehingga jalannya liga bisa sesuai jadwal yang sudah ditentukan. "Yang penting kita gimana jadwal tepat waktu karena Mei-Juni 2023 nanti ada agenda FIFA World Cup U-20," tutupnya. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU