PT Pelni Layani 15 Ribu Penumpang Selama Larangan Mudik

Penumpang mudik lebaran yang padati kapal pelni. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni tetap membuka operasional untuk keperluan nonmudik selama masa larangan mudik 6-17 Mei 2021 hampir sekitar 15 ribu penumpang. 

Pelni memberangkatkan penumpang nonmudik sebanyak 4.277 penumpang untuk kapal penumpang dan sebanyak 11.350 penumpang untuk kapal perintis. Namun, Penumpang Kapal di Pelabuhan Merak Wajib Tes Rapid Antigen.

Selain itu, menurut Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Opik Taufik mengatakan bahwa dalam rangka pengetatan protokol kesehatan perjalann, Pelni telah menyiapkan layanan Genose pada 23 kapal penumpang. 

“Untuk memastikan kesehatan kru kapal selama perjalanan selain dilakukan rapid test antigen sebelum keberangkatan, pada setiap kapal juga telah disediakan Genose. Alat ini juga dapat digunakan oleh penumpang sebagai antisipasi penumpang yang tiba-tiba memiliki gejala pada saat perjalanan,” jelas Opik, Selasa (18/5/2021).

Tak hanya itu, Opik kembali menambahkan jika Pelni mengantarkan pelaku perjalanan nonmudik dengan persyaratan yang disesuaikan oleh SE Kasatgas Nomor 13 Tahun 2021. Salah satunya, berkas untuk syarat perjalanan harus diverifikasi dengan teliti, cermat, dan tegas sesuai prosedur perusahaan. 

Saat ini Pelni mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 76 pelabuhan serta melayani 1.058 ruas. Selain angkutan penumpang, Pelni juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah 3TP di mana kapal perintis menyinggahi 285 pelabuhan dengan 3.811 ruas. 

Pelni juga mengoperasikan sebanyak 16 kapal Rede. Sedangkan pada pelayanan bisnis logistik, Pelni mengoperasikan sembilan trayek tol laut serta satu trayek khusus untuk angkutan ternak. Dsy14