PTPN X Diminta Kembalikan Uang Tender Rp 1,5M dan Ganti Rugi Rp 5M

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 28 Feb 2021 21:22 WIB

PTPN X Diminta Kembalikan Uang Tender Rp 1,5M dan Ganti Rugi Rp 5M

i

Gugatan yang tercatat dengan nomor perkara 627/pdt.G/2020/PN Sby saat ini telah diperiksa dan diputus oleh Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. SP/BUDI MULYONO

SURABAYAPAGI, Surabaya - PT.Perkebunan Nusantara X Cq. Tim Task Force Pelaksanaan Pengadaan Jasa Inkring,  Handling, Pengemasan, Kepabeanan, Perizinan, dan pengangkutan Raw Sugar (PTPN X) digugat oleh rekanannya, PT. Surya Buana Sentosa (PT. SBS). karena diduga berlaku tidak adil dan tidak fair dalam pelaksanaan tender pengadaan jasa inklaring,  handling, pengemasan, kepabeanan, perizinan, dan pengangkutan Raw Sugar Impor tahun 2020.

Gugatan yang tercatat dengan nomor perkara 627/pdt.G/2020/PN Sby tersebut saat ini telah diperiksa dan diputus oleh Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, yang diketuai Majelis Hakim Itong Isnaeni Hidayat sebelum putusan hakim tersebut diadakan mediasi namun mediasi tersebut dinyatakan gagal. “Tidak berhasil, mediasi tersebut dilakukan pada selasa minggu lalu,” jelas M.Anshoroel Choerri, Minggu (28/2).

Baca Juga: Sengketa Jual Beli Rumah Pondok Candra Hakim Semprot Penggugat, PS Itu Wajib

Perkara itu bermula lanjut  Anshoroel adanya undangan PTPN X kepada PT. SBS untuk mengikuti tender yang dikirimkan melalui email, dalam email tersebut terlampir undangan, jadwal lelang, kerangka acuan kerja (KAK) dan lampiran-lampiran lainnya. 

Untuk mengikuti tender tersebut, PT. SBS, telah berusaha memenuhi seluruh persyaratan yang ditentukan, mengingat jadwal lelang sangat ketat, mulai dari pengumuman pada 26 Mei 2020 dan berakhir dengan pembuatan kontrak pada tanggal 08 Juni 2020. 

Pada tanggal 27 Mei pukul 11.52 WIB, melalui email PT.SBS mendapatkan surat dari PTPN X tentang adanya perubahan jadwal, yang semula pendaftaran dimulai tanggal 26 Mei 2020 pukul 09.01 WIB sampai dengan tanggal 28 Mei 2020 WIB pukul 14.00 WIB, diubah menjadi, pendaftaran mulai tanggal 26 Mei 2020 pukul 09.01 WIB sampai dengan pukul tanggal 27 Mei 2020 pukul 09.00 WIB.

Padahal surat perubahan jadwal yang diberikan kepada PT SBS tanggal 27 Mei 2020 pukul 11.52 WIB. Jadwal Lelang juga berubah menjadi 02 Juni 2020 atau maju selama enam hari dari rencana semua.

 Dalam surat tersebut, juga disebutkan rencana penjelasan lelang (aanwijzing) akan dilakukan melalui video conference menggunakan aplikasi Zoom meeting dan linknya akan diinformasikan 1 jam sebelum penjelasan lelang. 

Namun ternyata undangan atau link Zoom meeting baru diberikan melalui email pada 28 Mei 2020 pukul 09.00 WIB bukan satu jam sebelum pukul 09.00 WIB sebagaimana surat pemberitahuan sebelumnya dan langsung dilakukan aanwijzing dan selesai pukul 12.00 WIB . 

Pada saat aanwijizing PTPN X menambahkan persyaratan yang sebelumnya tidak ada dalam KAK, misalnya bukti kepemilikan dan atau penguasaan armada yang sebelumnya di KAK minimal 50 unit armada menjadi 100 unit truk trailer, bukti kepemilikan gudang serta penguasaan gudang yang di KAK hanya disebut dibuktikan dengan surat perjanjian atau kontrak dengan pemilik gudang kemudian diubah menjadi dibuktikan dengan bukti kepemilikan (HGB) Perjanjian kerjasama, tanda daftar gudang (TDG).

Baca Juga: Edy Mukti Pemborong Proyek PN Surabaya Dituntut 2,5 Tahun Penjara

 “Izin usaha industri (IUI), padahal persyaratan IUI tidak masuk akal, karena pekerjaan yang ditenderkan tidak ada hubungan dengan kegiatan industri,” ucap M.Anshoroel.

 Selain itu, di dalam KAK disebut berpengalaman melaksanakan pekerjaan jasa inklaring handling, pengemasan, kepabeanan, perizinan, dan pengangkutan di lingkungan PT. Perkebunan Nusantara Group yang kemudian diubah menjadi pernah melaksanakan pekerjaan jasa inklaring, handling pengemasan, kepabeanan, perizinan, dan pengangkutan bahan makanan (sejenis) di wilayah Jawa Timur minimal di 4 perusahaan berbeda, Periode pekerjaan tahun 2018 sampai 2020 (dibuktikan dengan dokumen SMPK (Kontrak).

 Ditegaskan, Perubahan-perubahan itu sangat mendadak dalam waktu yang sempit karena harus disediakan dalam waktu bersamaan memasukkan dokumen penawaran yaitu tanggal 28 Mei 2020 pukul 14.01 WIB  sampai 29 Mei 2020 pukul 10.00 WIB atau hanya memiliki tenggang waktu 20 jam.

 Sesuai dengan metode pelelangan dan jadwal baru, PT SBS telah memasukkan dokumen penawaran Administrasi dan teknik dalam sampul I dan Dokumen harga dalam sampul II pada tanggal 29 Mei 2020 sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. 

Baca Juga: Bunuh Pacar, Anak Anggota DPR RI Terancam 15 Tahun Penjara

Pada saat dilakukan evaluasi dokumen tidak lengkap, sehingga dokumen sampul II milik PT.SBS tidak dibuka, padahal harga yang ditawarkan sangat kompetitif. 

Rangkaian proses lelang, mulai dari percepatan jadwal proses lelang, penambahan syarat yang mendadak dan tidak relevan, dan tidak dipersiapkan link Zoom aanwijzing 1 jam sebelum dimulai sesuai dengan surat dari PTPN X sendiri merupakan bukti PTPN X selaku tergugat telah melakukan unfair bidding yang diduga untuk kepentingan perusahaan tertentu. 

Anshoroel, dalam gugatannya PT SBS meminta agar PTPN X dihukum untuk mengembalikan uang jaminan yang tidak dikembalikan sebesar Rp 1,5 milyar dan membayar kerugian sebesar Rp. 4718.000.000-, kerugian tersebut terdiri dari kerugian mengikuti tender, opportunity lost, dan kerugian biaya sewa gudang.

“Gugatan tersebut dikabulkan oleh majelis hakim dengan pertimbangan tergugat dalam melakukan perubahan jadwal dan penambahan syarat tender melanggar asas kepatutan, menurut majelis, perubahan syarat tender tidak bisa dilakukan secara sepihak apabila dalam waktu yang sempit,” tandasnya.nbd

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU