Puan Akui Capres itu Ada Garis Tangan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 09 Jan 2023 21:06 WIB

Puan Akui Capres itu Ada Garis Tangan

i

Ketua DPP PDIP Puan Maharani saat memberikan arahan dalam bimtek anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia, Senin (9/1/2023).

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani, menyatakan tak menutup kemungkinan Megawati akan mengumumkan capres dan cawapres usungan PDIP di acara HUT ke 50. Puan sendiri mengaku masih bakal menunggu pidato yang disampaikan Megawati Selasa hari ini.

Diketahui acara HUT ke-50 PDIP akan digelar 10 Januari 2023 hari ini, di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Acara itu bakal dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga akan memberikan sambutan.

Baca Juga: Jokowi Tersenyum Dinyatakan Bukan Kader PDIP Lagi

"Ya bisa saja, kita tunggu besok (hari ini, red). Karena memang dalam pidatonya bisa kan pidatonya nggak semua pidatonya semua isinya kita tahu. Pidato ketua umum itu kan ada yang dari hati, ada yang dari pikiran, ada yang memang sudah tercatat. Saya juga tidak merasa deg-degan soal pencapresan di PDIP yang akan diumumkan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Saya kira  ini soal garis tangan capres," kata Puan, usai memberikan arahan dalam acara bimbingan teknis (bimtek) anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota Fraksi PDIP di Hotel Paragon, Jakarta, Senin (9/1/2023).

 

Puan Minta Maaf

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani membeberkan acara HUT ke-50 PDIP tak akan mengundang partai politik (parpol) lain. Terkait itu, Puan meminta maaf kepada para ketua umum (ketum) parpol.

"Ini karena hari ulang tahun PDI Perjuangan yang mana angka 50 itu kan susah. Baru 50 tahun lagi akan terjadi, jadi kami meminta maaf kepada seluruh ketua umum partai politik jikalau memang besok tidak berkesempatan hadir," kata Puan

"Kalau kemudian besok (hari ini -red) tiba-tiba ada surprise terkait dengan siapa nama bakal calon capres atau cawapres PDI Perjuangan akan disampaikan, kemungkinan bisa saja," imbuhnya.

Puan Maharani menjawab kemungkinan soal kejutan yang akan diumumkan Ketua Umum (Ketum) Megawati Soekarnoputri di acara HUT ke-50 PDIP besok. Puan menerka kejutan Megawati yang juga ibu kandungnya bisa  soal penentuan capres dan cawapres yang diusung di 2024.

 

Baca Juga: Tudingan Politisasi Bansos tak Terbukti, Jokowi Senang

Selalu Ada Kejutan

Puan mulanya mengatakan setiap gelaran HUT PDIP pasti selalu ada kejutan. Namun dia mengatakan kejutan itu hanya diketahui oleh Megawati seorang.

"Ya pastinya. Setiap ulang tahun kan ada surprise, tapi namanya surprise saya juga nggak tahu. Yang tahu cuma Ibu Ketua Umum surprise akan disampaikan," tambah Puan.

Soal kejutan dari Megawati ini mulanya disampaikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Hasto menyebut Megawati memang sering menampilkan kejutan di acara-acara partai.

 

Baca Juga: Anies Akui Prabowo, Keluarga Intelektual Terpandang

Mega Banyak Dialog

Hasto menyebut Megawati sudah banyak melakukan dialog sebelum memutuskan pilihan.

"Yang jelas semuanya persiapkan. Kalau kita lihat pengumuman, pendaftaran ke KPU pada bulan oktober 2022," jelasnya.

"Ibu ketua umum, sudah banyak lakukan dialog dan biasanya juga dari ibu, sebelum mengambil keputusan, biasanya mendengarkan, mempertimbangkan dari ribuan kali seluruh proses yang ada, terhadap calon-calon yang ada, terus dialog terus menurus, ketempat bung Karno ke belitar, setelah itu biasanya baru diumumkan," tambah Hasto. n erk/jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU