Pukul Mundur Denmark, Kevin De Bruyne Cetak Satu Gol dan Assist

Kevin De Bruyne saat mencetak gol dan ikut andil dalam terciptanya gol penyeimbang bagi Belgia. SP/ AP Photo

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Kevin De Bruyne yang merupakan gelandang terbaik dunia memberikan kontribusi besar dalam kemenangan Belgia atas Denmark pada matchday kedua Grup B Euro 2020 di Stadion Parken, Kamis (17/6/2021) malam WIB.

Dia mencetak satu gol dan satu assist untuk menuntun Belgia menang dengan skor 2-1 pada laga matchday 2 ajang Euro 2020. Umpan gol atau asis adalah pengalihan bola terakhir sebelum disambut tendangan atau sundulan yang menjadi gol pada sebuah laga sepak bola. 

Menariknya, ini adalah laga pertama Kevin De Bruyne setelah pulih dari cedera ringan. Dia mengalami masalah pada mata dan hidungnya akibat benturan dengan Antonio Rudiger di final Liga Champions 2020/2021.

De Bruyne bahkan terpaksa melewatkan laga uji coba Belgia sebelum Euro 2020 dan harus absen di laga pertama Belgia saat menundukkan Rusia.

Permainan Belgia juga tidak maksimal di babak pertama. Lalu Roberto Martinez memutuskan memainkan Kevin De Bruyne di babak kedua, segalanya berubah sejak masuknya De Bruyne.

Belgia akhirnya bisa mencetak dua gol kemenangan. De Bruyne hanya bermain dalam 45 menit babak kedua, tapi kontribusinya sudah luar biasa. Dia langsung jadi motor permainan tim, khususnya dalam membangun serangan.

Jumlah 45 menit penampilan sudah cukup bagi De Bruyne untuk membuat perbedaan. Pertama, dia membuat assist untuk gol Thorgan Hazard di menit ke-54.

Gol ini seolah-olah melepaskan beban Belgia yang sebelumnya kesulitan. Lalu, di menit ke-70, giliran De Bruyne yang mencetak gol sendiri untuk membalikkan kedudukan. Dua kontribusi besar dalam 45 menit jelas layak membuat De Bruyne jadi pemain terbaik di laga ini.

Sebelum kick-off pertandingan, Belgia memberikan sebuah jersey dengan tanda tangan para pemain dan dibingkai secara rapih. Di sana juga dituliskan sebuah harapan agar Eriksen cepat membaik.

Kemudian Kevin De Bruyne memberi kode agar semua rekannya tenang saat menginjakkan kaki di area lapangan tempat Eriksen kolaps saat melawan Finlandia.

"Tentu saja saya senang, tetapi saya sangat menghormati orang-orang di sini. Saya pergi ke bagian lapangan tempat Eriksen pingsan pada hari Sabtu dan saya berusaha tetap tenang," kata De Bruyne, Jumat (18/6/2021).

Peluang Eriksen untuk kembali memperkuat Denmark di Euro 2020 sudah tertutup. Pemain milik Inter Milan itu juga diragukan bisa kembali merumput. Dsy12