Pulang Pelantikan, Gubernur Kepri Dinyatakan Positif Covid

author surabayapagi.com

- Pewarta

Sabtu, 01 Agu 2020 09:11 WIB

Pulang Pelantikan, Gubernur Kepri Dinyatakan Positif Covid

i

Gubernur Kepri Isdianto saat pelantikan di Jakarta

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta – Kasus positif menimpa salah satu pejabat daerah kembali terjadi. Isdianto yang baru saja dilantik menjadi Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta saat pulang pelantikan dinyatakan tertular corona.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Cecep Yudiana.

Baca Juga: Sembuh Dari Covid-19 Ketua DPRD Surabaya Langsung Pimpin Rapat Paripurna

“Benar (Gubernur Kepri positif Corona). Penelusuran sementara bahwa ini terjadi penularan di antara ajudan di Jakarta,” ujarnya, Sabtu (1/8).

Cecep menerangkan, ajudan gubernur tertular virus Corona di Jakarta. Ada kemungkinan, saat dia berkumpul bersama orang lain.

"Pengakuan mereka, mereka berkumpul, apalagi saat makan bersama. Saat makan malam, mungkin di mana, di satu tempat. Mereka selalu bersama," ujarnya.

Baca Juga: Wali Kota Madiun dan Istri Positif Covid-19

Lalu, saat rombongan Gubernur tiba di Bandara Pangkal Pinang, ada sambutan dari warga dan beberapa pejabat daerah lainnya pada Senin (27/7). Di diduga, disitulah Isdianto tertular virus Corona.

"Kemudian waktu pulang, mungkin di antara mereka ada yag terndikasi positif, di bandara terjadi kerumunan masa menjemput Pak Gubernur. Karena para ajudan di dekat Pak Gubernur, berupaya meregangkan jarak, sentuhan mungkin ada antara ajudan dengan gubernur," ucap Cecep.

Sampai saat ini, ada enam orang, termasuk Isdianto yang dinyatakan positif Corona di klaster tersebut. Pemprov telah melakukan penelusuran dan tes swab ketika lima orang ajudan dinyatakan positif .

Baca Juga: Anggota Dewan Positif Covid-19, Wali Kota Eri: Tak Ada Lockdown

"Sementara baru enam, mungkin hari ini bertembah, karena kemarin kan ada lima orang pemeriksaan tanggal 28. Ada lima orang positif, yang informasi Pak Gubernur mendahului sebelum dipublish labpratorium. Karena Kepala lab menghubungi Pak Gubernur tadi malam kan. Nah, kemudian beliau seketika menyampakan kepada media," ucap Cecep.

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU