Pulihkan Potensi Desa, Taman Nasional Baluran Resmi Dibuka

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 18 Agu 2020 12:39 WIB

Pulihkan Potensi Desa, Taman Nasional Baluran Resmi Dibuka

i

Suasana Taman Nasional Baluran di sisi replica padang Savana Afrika. SP/BRJ

SURABAYAPAGI.com, Situbondo – Guna memulihkan potensi pariwisata di kabupaten bondowoso, khususnya daerah Baluran, Kepala Balai Taman Nasional Baluran Situbondo Pudjiadi, Selasa (18/8/2020) mengumumkan Taman Nasional Baluran, Situbondo resmi dibuka.

Meski dibuka, TN Baluran menerapkan beberapa syarat bagi pengunjung. Pertama, saat hendak berkunjung calon wisatawan harus memesan tiket masuk terlebih dahulu melalui pesan WhatsApp yang telah tersedia. Selanjutnya, pengunjung juga wajib menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker.

Baca Juga: Penurunan Stunting di Situbondo Lampaui Target Nasional

Wisatawan juga diminta tidak membawa makanan saat masuk kawasan. Selain akan memproduksi sampah, hal ini juga akan mengganggu perilaku satwa.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Pelabuhan Jangkar Situbondo Ditutup Sementara

“Sementara pengunjung kita batasi setiap harinya. Secara bertahap kita batasi sekitar 50 persen. Hari pertama tanggal 18-20 Agustus 2020 untuk 500 orang, tanggal 21-23 Agustus 2020 berjumlah 750 wisatawan dan 24 Agustus 2020 kuota hingga 950 orang perhari,” ujarnya.

Kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo mulai ditutup sejak Maret 2020. Penutupan ini karena untuk mencegah penyebaran Covid 19.

Baca Juga: Warga Pasuruan Ditemukan Tewas di Situbondo

Sebelumnya, Bupati Situbondo Dadang Wigiarto bersama jajaran Balai Taman Nasional Baluran telah meninjau persiapan new normal kawasan konservasi ini pada 23 Juli 2020. Saat itu, Bupati Dadang juga telah memberikan restu untuk pembukaan kawasan dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan.

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU