Peringati HUT Dharma Karya Dhika Kemenkumham 2021

Puluhan ASN Kemenhumkam Ziarah/Tabur Bunga di Makam Bung Karno

Puluhan pegawai Kemenkumham Blitar berziarah di makam Bung Karno. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Puluhan pegawai di bawah naungan Kemenkumham di wilayah Blitar Raya gelar ziarah dan tabur bunga di Makam Bung Karno, di Kec Sananwetan Kota Blitar pada  Selasa (26/10). Para pegawai yang mengenakan seragam kebesaran biru muda dan biru tua itu melakukan ziarah makam dalam rangka peringatan Hari Dharma Karya Dhika atau Hari Ulang Tahun Kemenkumham 2021.

Ziarah dan tabur bunga di Makam Bung Karno diikuti terdiri dari pegawai Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIB Blitar, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Blitar, Kantor Imigrasi Blitar, dan Rupbasan Kelas II Blitar.

Acara yang diawali pukul 08.00 itu sebelum tabur bunga didahului doa di pusara Makam Bung Karno dengan khusuk selanjutnya, melakukan tabur bunga di pusara Bung Karno.

 

Plt Kepala LP Kelas IIB Blitar Tatang Suherman mengatakan selain acara tabur bunga sebelumnya juga dilakukan sejumlah kegiatan yang digelar untuk memperingati Hari Dharma Karyadhika 2021, masih menurut Tatang dalam rangka peringatan Dharma Karyadhika juga melakukan kegiatan bakti sosial untuk masyarakat yang terdampak pandemi covid-19 diantaranya pembagian sembako.

"Dalam menyambut Hari Dharma Karyadhika Kemenkumham jauh sebelumnya kita juga mengikuti turnamen tenis meja dan lomba menembak yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kediri dan Surabaya, selain itu kami di wilayah Blitar juga menggelar bakti sosial; dan hari ini kami melakukan ziarah dan tabur bunga di Makam Bung Karno," kata Pria bertubuh gemuk 

Juga Tatang panggilan akrabnya sehari hari ini mengatakan bahwa para pegawai di bawah Kemenkumham wilayah Blitar Raya baik di Unit Lapas Anak, Imigrasi dan Lapas Klas II Blitar termasuk Rupbasan dalam melakukan pelayanan masyarakat dengan mengenakan pakaian adat dalam rangkaian HUT Hari Dharma Karyadhika Kemenkumham.

"Sejak kemarin, kami melakukan pelayanan masyarakat seluruh bagian pelayanan mengenakan pakaian adat, dan acara puncak besok Sabtu 30 Oktober mendatang dengan Upacara Zoom Meeting langsung dari Jakarta," tandas Tatang Suherman yang sehari hari sebagai Kepala LPKA (Lembaga Pembinaan Khusus Anak) Kelas I ini. 

Disinggung para WBP juga dilibatkan dalam rayakan peringatan HUT Kemenkumham, menurut Tatang dibenarkan namun bersifat  intern bagi WBP seperti,  Pingpong (Tenis Meja) antar Blok, disinggung mungkin ada yang menerima Remisi dalam rangka HUT Dharma Karyadhika itu Tatang menjelaskan tidak ada tentang  remisi.

"Untuk WBP memperingati selain Pingpong (Tenis Meja) lomba kebersihan antar Blok sehingga untuk membiasakan dan memperhatikan kebersihan di masing masing Blok dalam sehari  harinya." Pungkas Tatang Suherman. Les