Puluhan Hewan Mati di Tulungagung karena Antraks

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 04 Jun 2021 18:13 WIB

Puluhan Hewan Mati di Tulungagung karena Antraks

i

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo

SURABAYAPAGI.COM, Tulungagung - Misteri kematian puluhan hewan ternak milik warga di Desa Sidomulyo Tulungagung akhirnya terkuak. 

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan, dalam penelitian yang dilakukan Kementan dan Balai Besar Veteriner menemukan sapi positif antraks.

Baca Juga: Pj Bupati Tulungagung Serahkan Bantuan Korban Tertimpa Pohon Tumbang

Hal tersebut diketahui setelah tim Balai Besar Veteriner serta Kementan melakukan pengujian sampel sapi yang telah mati. Tak hanya itu, petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap 44 sapi hidup.

“Hasil dari pemeriksaan sampel sapi yang mati tadi positif antraks. Kemudian yang 44 dalam keadaan sehat,” ujar Maryoto, Jum’at (4/6).

Baca Juga: Cuaca Buruk, Ratusan Nelayan di Tulungagung Enggan Melaut

Hewan ternak yang dinyatakan positif terpapar antraks merupakan sapi potong. Terkait temuan itu, Pemkab Tulungagung langsung mengambil langkah penanganan agar kasus serupa tidak kembali terjadi dan tidak meluas ke daerah lain. Dinas Peternakan juga telah mendirikan posko kesehatan hewan di Desa Sidomulyo.

"Kami juga melakukan sterilisasi di sekitar lokasi kandang dengan formalin," jelasnya.

Baca Juga: 3 Pasangan Bukan Suami Istri di Razia Petugas Gabungan

Maryoto juga memerintahkan jajaran Dinas Peternakan untuk melakukan edukasi dan pembinaan terhadap para peternak di Sidomulyo dan sekitarnya.

“Kami menghimbau agar para peternak lebih berhati-hati. Nah karena sudah ada posko, kami harap ketika ada apa-apa segera lapor ke posko,” jelasnya.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU