Puluhan Lansia Cek Kesehatan Gratis di Posyandu Dukuhsari Jabon

Puluhan Lansia Cek Kesehatan Gratis di Posyandu Dukuhsari Jabon

SURABAYAPAGI. com, Sidoarjo- Siapa yang tidak ingin terbebas dari Diabetes dan gula darah tinggi?Semua pasti menginginkan gula darah normal. Saat ini, banyak pasien diabetes dengan usia muda. Ini disebabkan oleh gaya hidup, seperti makan terlalu banyak dan kurang berolahraga.

Daya tahan tubuh yang lemah adalah salah satu penyebab gejala diabetes. Sehingga membuat tubuh menjadi mudah terinfeksi dan terserang virus.

Dari beberapa Referensi yang ada, mengatakan bahwa : apakah Anda memiliki salah satu dari 9 masalah seperti dibawah ini? Sering merasa haus, Sering buang air kecil/kencing terutama di malam hari, Sering merasa sangat lapar, Turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas, Berkurangnya massa otot lemas, susah tidur dan depresi, pandangan kabur, luka yang sulit sembuh, Sering mengalami infeksi misalnya pada gusi, kulit, dan saluran kemih. Itulah tanda tanda bahwa anda mengalami gejala diabetes.

Untuk mengantisipasi dari gejala diabetes tersebut, salah satu cara untuk mendeksinya secara dini adalah dengan mengecek gula darah anda serta nenjaga pola makan dan berolah raga secara teratur.

Pengurus Posyandu ( Pos Pelayanan Terpadu) Desa Dukuh sari Kecamatan Jabon Sidoarjo, biasanya melaksanakan kegiatan untuk anak balita yaitu acara timbang badan dan asupan gizi, namun pada Rabu pagi (02/02'2022) mulai pukul 08.00 sampai selesai menyelenggarakan kegiatan khusus untuk "Lansia" yaitu cek gula darah secara gratis bertempat di kelompok dasawisma "Mawar 1" balai pertemuan RW 02 Desa Dukuhsari Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo.

Dari pantauan Wartawan Harian Surabaya Pagi bahwa peserta yang ikut mengecek gula darah pagi itu sekitar 50 Orang, Sebagian besar peserta cek gula darah adalah kaum Hawa, asli warga Desa Dukuhsari Jabon. Ketua Posyandu Dukuhsari Safitri didampingi anggotanya bu Lis, mbak Iyek, bu Fitriyah.

Syarat untuk cek kesehatan lengkap secara gratis bagi peserta baru adalah foto copy KK maupun KTP ungkap ketua Posyandu Safitri. Sedangkan bidan Zubaidah petugas dari puskesmas Jabon Sidoarjo yang mengecek kesehatan Para Lansia rutin setiap bulan di lima posyandu yang ada di Desa Dukuhsari Jabon mengatakan bahwa untuk gula darah yang normal adalah 140 mmg ungkapnya.

Sebelum cek kesehatan lengkap terutama gula darah para peserta diajak senam sehat oleh ketua posyandu sekitar 10 menit untuk memanaskan otot yang kaku, lumayan keringatan ungkap ibu ibu peserta.

Seluruh peserta wajib memakai masker, bagi yang lupa bawa masker dikasih secara gratis oleh panitia. Pasalnya kegiatan tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Indonesia itu sendiri menempati urutan ke-6 dengan jumlah pasien diabetes tertinggi, dan diperkirakan akan terus meningkat, kenapa? Karena masyarakat Indonesia cenderung menyukai makanan dan minuman yang manis yang mengandung banyak gula. Dan juga, makanan pokok Indonesia adalah Nasi Putih.

Puluhan Lansia Cek Kesehatan Gratis di Posyandu Dukuhsari Jabon.

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh.hik