Puluhan LKSA di Lamongan Terima Paket Sembako dan Uang Tunai

Bupati saat menyerahkan bantuan secara simbolis ke pembina LKSA di Pendopo. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Puluhan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) di Lamongan, Selasa (26/4/2022) menerima bantuan paket sembako dari Pemkab setempat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Bantuan berupa beras 50 Kg, gula 10 Kg, Mie Instan 2 kardus dan uang senilai 5 juta rupiah kepada masing-masing LKSA tersebut, diserahkan secara simbolis oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bersama Ketua TP PKK Lamongan Anis Yes dan Ketua Baznas Lamongan Bambang Eko Mulyono menyerahkan bantuan kepada pembina LKSA di Pendopo Lokatantra.

“Alhamdulillah pada hari ini telah terlaksana penyerahan bantuan dan santunan yang diberikan oleh Baznas serta TP PKK Lamongan kepada Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak,” tutur Bupati usai menyerahkan bantuan. 

Bupati yang akrab disapa Yes juga mengucapkan terima kasih kepada LKSA atas dedikasinya dalam pembinaan sosial anak-anak selama ini.

“Fakir, miskin dan anak-anak terlantar memang menjadi tanggung jawab negara dan negara tidak bisa sendiri. Panjenengan sedoyo, lembaga sosial seperti kalian ini turut serta memberi kontribusi dalam menyelesaikan permasalahan ini. Semoga amal ibadah bapak ibu nanti menjadi ladang pahala di akhirat kelak, amin,” ujarnya.

Selain bantuan sosial tentatif, Pemerintah Kabupaten Lamongan juga terus mengupayakan pengembangan di masing-masing LKSA berupa akses kemandirian sosial sebagai bentuk dukungan kepada anak-anak yang membutuhkan baik berupa kesempatan kerja hingga pemberian beasiswa.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Yes juga menginformasikan kepada masyarakat Lamongan bahwa selama libur lebaran pelayanan Dukcapil Lamongan tetap buka. Hal ini dimaksudkan untuk memberi pelayanan prima kepada masyarakat.

Sebagaimana dilaporkan Ketua Baznas Lamongan, Bambang Eko Mulyono, pada tahun 2021 Baznas Lamongan telah menerima Rp 4.646.654.818 dana titipan dari para muzakki yang kemudian dikelola Baznas untuk disalurkan kepada masyarakat maupun lembaga yang berhak mendapatkannya.

“Peningkatan dana ini adalah hasil dari zakat gaji ASN yang telah memenuhi nisab. Terima kasih Pak Bupati yang telah membuat undang-undang ini karena selain dapat memberikan manfaat kepada orang lain juga menyelamatkan seseorang atas hartanya kelak di akhirat,” ucapnya.

Selain menyalurkan kepada lembaga-lembaga sosial, Baznas juga menyalurkan dana di berbagai bidang. Pada bidang agama misalnya, melalui program Lamongan Taqwa, Baznas memberikan santunan kepada guru ngaji, marbot hingga mualaf untuk meneguhkan keimanan.  

Selain itu ada bidang ekonomi melalui program Lamongan Berdaya, bidang sosial melalui Lamongan Peduli , bidang pendidikan melalui Lamongan Cerdas dan bidang kesehatan melalui Lamongan sehat. jir