Puluhan Mahasiswa Jember Gelar Aksi 'Diam'

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 06 Sep 2021 19:20 WIB

Puluhan Mahasiswa Jember Gelar Aksi 'Diam'

i

Sejumlah mahasiswa menggelar aksi ‘diam’ untuk menolak adanya praktek pertambangan di Jember.

SURABAYAPAGI.COM, Jember - Puluhan mahasiswa di jember menggelar aksi ‘Diam’ di Bundaran DPRD Jember, Senin (6/9). Aksi ‘Diam’ yang dilakukan 25 mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Jember Tolak Tambang (AJTT) itu dalam rangka menolak praktek pertambangan di Kabupaten Jember.

Aksi tanpa melakukan orasi dan hanya berdiam diri itu, dilakukan dengan membentangkan poster yang dipegang oleh masing-masing peserta aksi. Poster tersebut bertuliskan pesan-pesan tentang penolakan adanya praktek pertambangan di Kabupaten Jember.

Baca Juga: Pedagang Domba dan Sapi seluruh Jember dukung Gus Fawait Maju Calon Bupati

“Dalam aksi ini, kita hanya diam sambil membentangkan poster di Bundaran DPRD Jember. Selama satu jam,” kata Korlap Aksi M. Abdul Rosi saat dikonfirmasi di lokasi aksi.

Ia menyampaikan, adanya aksi diam itu, sebagai bentuk protes para mahasiswa Jember, menolak dengan adanya praktek pertambangan di Kabupaten Jember.

“Tuntutan kami menolak adanya pertambangan di Jember. Kemudian kedua, mencabut draf di RT/RW di 11 kecamatan di Jember, sebagai kawasan pertambangan,” sebutnya.

Menurut mahasiswa semester 8 di universitas ternama di Jember itu, pertambangan dinilai dapat merusak lingkungan dan tidak memberikan manfaat yang positif bagi rakyat.

Baca Juga: APMP Jatim Gelar Aksi di Kantor KPU Bangkalan

“Akan lebih baik, kita majukan Jember ini dari basis pertanian. Karena kami meyakini Jember bisa maju tanpa adanya pertambangan,” ungkapnya.

Mengingat pada masa PPKM Darurat tidak diperbolehkan adanya aksi penyampaian atau orasi di tempat umum. Rosi berdalih aksi diam yang dilakukan oleh AJTT sudah menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Aksi ini adalah aksi kedua dan lanjutan, mengingat saat ini pembahasan RPJMD itu. Aksi ini mungkin akan berlanjut, agar Jember lebih baik tanpa tambang dan majukan pertanian,” imbuhnya.

Baca Juga: Demo Tuntut KPK Putuskan Status Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor

Pantauan di lokasi aksi, setelah melakukan Aksi Diam di Bundaran DPRD Jember, para mahasiswa itu membubarkan diri.

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU