Puluhan Polisi Peragakan Aksi Ricuh di Simulasi Pengamanan Polresta Mojokerto

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 29 Jun 2022 19:33 WIB

Puluhan Polisi Peragakan Aksi Ricuh di Simulasi Pengamanan Polresta Mojokerto

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Polresta Mojokerto menggelar simulasi pengamanan di halaman Makopolresta Mojokerto, Selasa (29/6/2022) pagi. 

Simulasi untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan Makopolresta dan setiap Polsek di wilayah hukumnya ini diperagakan oleh puluhan anggota Polresta Mojokerto.

Baca Juga: 3 Cewek Open BO Dirazia Petugas Gabungan di Mojokerto

Dari pantauan di lokasi, simulasi tersebut digambarkan dengan aksi dramatik terkait kericuhan di Makopolresta Mojokerto. Terlihat seseorang tak dikenal membawa senjata tajam menerobos masuk melompati pagar. 

Hal ini dilihat oleh sejumlah anggota yang berjaga, dan langsung mengambil tindakan dengan melumpuhkan orang tak dikenal tersebut tanpa menggunakan senjata. 

Alhasil, usai kejadian tersebut terlihat puluhan anggota bersenjata lengkap berjaga di setiap titik vital Makopolresta Mojokerto. 

Kapolresta Mojokerto AKBP Rofiq Ripto Himawan mengatakan, diamankannya satu orang tak dikenal yang dengan sengaja menerobos mako merupakan bentuk nyata tindakan polisi dalam melakukan sistem pengamanan (Sispam) Mako. 

 

Baca Juga: Polres Mojokerto Kota Launching Bus SIM Keliling

Tak lain, guna mengantisipasi ancaman OTK (Orang Tidak Dikenal ), gangguan atau aksi teror terhadap personil Polri yang sedang melaksanakan tugas pelayanan masyarakat dan penjagaan Mako. 

“Yang pertama,  kita harus tau apa yang harus kita lakukan terhadap pelaku yang sudah nyata mengancam keamanan Mako dan keselamatan rekan rekan, jadi harus tahu kapan saat mencegah masuknya ancaman di Mako Polresta Mojokerto,” ujarnya. 

Rofiq menyebutkan, setiap personil wajib dan bertanggung jawab serta fokus pada titik pengamanan yang ditempati. Mulai dari Mako Utama, Pos Penjagaan Sebelah Barat, Pos Penjagaan Sebelah Timur, Ruang Tahanan, Gudang Senjata, Ruang Komlek / Command Center, Gedung Urkes, Ruang Arsip, Gedung Satlantas, Parkiran UPRC yang ada di dalam Mako. 

Ia menegaskan, kekuatan personel di setiap titik harus ditambah. Agar digunakan saat kondisi mendesak untuk melumpuhkan pelaku. 

Baca Juga: Sidak Gudang Bulog, Pj Wali Kota Pastikan Stok Beras Aman Hingga 6 Bulan Kedepan

"Masing-masing harus tahu dan faham dengan aturan SOP dan tahu apa yang harus dikerjakan sesuai Perkap 01," ujarnya. 

Kegiatan Simulasi Sispam Mako ini, lanjut Rofiq, harus diperhatikan adalah aturan aturan yang melindungi Sispam Mako. Agar berlaku sesuai dengan prosedur atau SOP, sehingga tidak salah dan juga bisa meminimalisir adanya korban. 

“Dalam kesempatan terakhir, walaupun ini hanya simulasi, saya minta rekan rekan fahami, ditirukan, dan jadikan bahan diskusi setelah ini, jangan keluar dari lapangan terus hilang begitu saja," pungkasnya. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU