Puluhan Ton Beras Premium untuk BPNT Kec Tambakboyo Mulai Digulirkan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 11 Nov 2020 10:38 WIB

Puluhan Ton Beras Premium untuk BPNT Kec Tambakboyo Mulai Digulirkan

i

Pengecekan mutu beras BPNT untuk kecamatan Tambakboyo oleh beberapa pihak.

SURABAYAPAGI, Tuban- Penyaluran komoditi program pemerintah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Tuban, mulai digulirkan untuk bulan November ini.

Sebanyak 46,5 ton beras berkualitas premium, dikirim oleh supplier kepada 20 agen yang tersebar 18 desa se- Kecamatan Tambakboyo. Selasa, (10/10/2020).

Baca Juga: Tata Kelola Beras Amburadul

Dari pantauan penyaluran beras BPNT di pendopo Kecamatan Tambakboyo, tampak ratusan zak beras yang dimuat truk siap kirim ke agen, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan mutunya oleh Dinsos P3A Kabupaten Tuban, pendamping TKSK serta ketua paguyuban agen kecamatan setempat.

S.Y. Emanuel, Sekretaris Dinsos P3A Kabupaten Tuban yang hadir di lokasi saat cek kelayakan beras menyampaikan, mulai bulan November ini, semua Keluarga penerima manfaat (KPM) di Kecamatan Tambakboyo sepakat memilih beras dengan kualitas premium sebagai komoditi BPNT.

Berbeda dengan bulan lalu, dimana masih terdapat beberapa KPM yang memesan beras medium melalui agen di wilayahnya masing- masing. 

“Untuk beras mulai bulan ini semua KPM di Tambakboyo memilih beras premium,” terangnya.

Baca Juga: Stok Beras di Trenggalek Aman hingga Lebaran

Dari hasil cek kualitas beras, diakui oleh pihaknya kualitas beras sudah sesuai dengan yang ditentukan. Namun demikian, Emanuel tetap menghimbau jika ada kualitas beras yang diterima KPM tidak sesuai untuk melapor.

“Meskipun di sini sudah kita cek bersama Forkopimka, kami mohon jika agen atau KPM menemukan beras dibawah kualitas untuk melapor dan mengembalikan,” pintanya.

Masih di tempat yang sama, Nanik Yogarini, pendamping TKSK Tambakboyo menambahkan, semua KPM di Kecamatan Tambakboyo memilih beras premium merupakan keinginan dan kebutuhan KPM sendiri. Tidak hanya itu, senada dengan Dinsos P3A, Nanik memastikan guna menjamin kualitas komoditi serta tepat sasaran, pendistribusian juga tetap mendapatkan pengawasan berlapis serta menghimbau KPM jika ada beras yang tak sesuai.

Baca Juga: Pj Ali Kuncoro Resmi Keluarkan Surat Edaran Imbauan Beli Beras Premium Bagi ASN Pemkot Mojokerto

“Tadi juga telah dilakukan pengecekan tingkat kecamatan oleh Polsek, Koramil, perwakilan Camat, Ketua Paguyuban Agen dan para saksi,” tandas Nanik.

Seementara itu, Kholilurrohman selaku ketua paguyuban agen menegaskan, pengecekan komoditi BPNT juga dilakukan ditingkat Agen, sebelum barang diterima oleh KPM di setiap desa. Pihak Agen juga diharuskan menandatangani Berita Acara Serah Terima (BAST) dan melakukan pengecekan beras sebelum didistribukan ke KPM.

"Di tingkat agen juga dilakukan pengecekan lagi, sehingga bisa dipastikan KPM mendapatkan komoditi yang sesuai," pungkasnya.Her

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU