Puncak Harlah ke 23, PKB Jatim Khataman bersama 12.240 Simpatisan

Bendahara DPW PKB Jatim Fauzan Fuadi memimpin Doa bersama dan Khotmil Quran di puncak Harlah 23 Tahun PKB, Jumat (23/7/2021). SP/Riko Abdiono

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Puncak rangkaian Peringatan Hari Lahir (Harlah) 23 Tahun Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 23 Juli 2021 dilakukan DPW PKB Jawa Timur dengan menggelar Doa Bersama dan Khotmil Quran serentak. Secara virtual Doa Bersama dan Khotmil Quran ini dilakukan di 38 DPC PKB se-Jatim bersama para 12.240 simpatisan dengan total 408 kali khataman.

Fauzan Fuadi, Bendahara DPW PKB Jatim mengatakan, Doa bersama dan khataman Al-quran saat momen Harlah PKB merupakan sebuah tradisi yang sudah berjalan sejak awal PKB dilahirkan oleh NU.

Sehingga tradisi tersebut tetap dijaga dengan mewajibkan setiap anggota fraksi-PKB dan DPC DPC PKB se- Jawa Timur untuk menyelenggarakan khataman. Masing-masing anggota fraksi dan DPC PKB terdiri 30 orang untuk satu kali khatam.

“Kita ada 369 anggota fraksi se Jatim, terdiri dari 19 DPR RI, 25 DPRD Provinsi dan 325 anggota DPRD kabupaten/kota. Ditambah 38 DPC dan DPW. Total ada 408 penyelenggaran dan masing-masing 30 orang.  Sehingga peserta 12.240 orang,” ungkapnya, Jumat siang (23/7/2021).

Doa bersama dan Khotmil di puncak Harlah PKB ini sekaligus upaya untuk bermunajat memohon pertolongan kepada Allah SWT agar Pandemi Covid-19 ini segera berakhir. 

“Ini juga menjadi bagian dari ikhtiar spiritual kita untuk keselamatan bangsa Indonesia dan Dunia. Semoga wabah covid-19 dan segala variannya segera berakhir serta masyarakat bisa beraktivitas normal kembali,” imbuh Ketua Fraksi PKB DPRD Jawa Timur ini.

Selain khataman, PKB Jawa Timur juga menggelar aksi kemanusiaan. PKB AMI (Aksi Melayani Isoman mandiri). Kegiatan tersebut berbagi 20 ribu paket sembako untuk warga yang sedang menjalani isolasi mandiri karena terpapar covid-19. PKB Jawa Timur menilai, warga yang sudah sadar melakukan isolasi harus didukung dan mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah ataupun dari masyarakat.

dukungan dan perhatian tersebut diantaranya adanya jaminan pemenuhan kebutuhan pokok mereka selama isolasi mandiri, sehingga ada rasa aman bagi mereka menjalaninya.

Atas dasar rasa kemanusiaan, DPW PKB Jawa Timur merasa memiliki kewajiban untuk membantu mereka yang menjalani isoman dengan membagikan paket sembako dalam gerakan PKB AMI (Aksi Melayani Indonesia).

20 ribu paket sembako DPW PKB Jawa Timur tersebar di seluruh Jawa Timur yang akan diantar langsung ke rumah-rumah warga yang sudah terdata oleh kader-kader PKB, relawan, tukang becak, ojek online di masing-masing DPC PKB kabupaten/kota di Jawa Timur.

Tidak hanya itu aksi melayani isolasi mandiri, PKB juga membuka POSKO PKB AMI yang tersebar di 38 kabupaten/kota di masing-masing kantor DPC PKB. Tujuan dari posko tersebut adalah untuk memberikan informasi dan edukasi bagi warga terkait masalah pandemi covid-19. Selain itu, untuk memberikan pelayanan yang dibutuhkan masyarakat yang terkonfirmasi positif covid-19 atau yang terdampak covid-19. rko