Puncak HPN 2022, PWI Jombang Berikan Penghargaan 9 Desa Terbaik

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 23 Feb 2022 15:53 WIB

Puncak HPN 2022, PWI Jombang Berikan Penghargaan 9 Desa Terbaik

i

Wakil Bupati Jombang, Sumrambah (kedua kiri) menyerahkan penghargaan desa terbaik dalam pengelolaan wisata anugerah PWI Kabupaten Jombang kepada Kepala desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam. SP/Arief

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Jombang memberikan anugerah desa berprestasi di Kota Santri, pada puncak perayaan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022. 

Sebanyak 5 desa mendapatkan penghargaan sebagai desa terbaik dalam pengelolaan informasi digital. 

Baca Juga: Pecah Ban, Bus Terbakar di Tol Jombang-Mojokerto

Kelima desa tersebut Desa Kedunglosari, Kecamatan Tembelang, desa Daditunggal, Kecamatan Ploso, desa Kayangan, Kecamatan Diwek, desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto serta desa Pulosari, Kecamatan Bareng.

Sementara 4 desa terbaik dalam pengelolaan wisata di Kabupaten Jombang. Diantaranya, desa Galengdowo, desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam, desa Ngampungan, Kecamatan Bareng dan desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Jombang, Sumrambah.

Ketua PWI Jombang, Sutono mengatakan penghargaan ini layak diberikan kepada desa-desa yang aktif dalam mengembangkan informasi digital dan meningkatkan ekonomi daerah melalui pengembangan wisata desa.

"Apresiasi yang mendalam dari kami para wartawan. Karena menurut kami desa yang merupakan unsur mendasar yang menghubungan antara pemerintah dengan masyarakat secara langsung," tuturnya, Rabu (23/2/2022).

Sutono mengungkapkan, penilai dan pemberian anugerah, PWI Jombang secara langsung melakukan observasi, meneliti dan mengkonfirmasi berbagai pihak. 

Acuannya yaitu pada sisi konten, informatif, desain, inovasi dan komitmen pemerintah desa dalam penilaian desa terbaik dalam pengelolaan informasi digital.

Baca Juga: Satgas Pangan Jombang Cek Kestabilan Pasokan dan Harga Bapok

"Setelah melalui musyawarah bersama ada 5 desa yang kami anggap layak mendapatkan anugerah penghargaan dari kami," jelasnya.

Ketua Panitia HPN 2022, Yusuf Wibisono menambahkan penilaian pengelolaan wisata desa terbaik untuk meningkatkan perekonomian daerah merujuk pada destinasi yang ditawarkan, manajemen, pengaruhnya terhadap perekonomian lokal, serta komitmen dukungan pemerintah desa untuk menjaga keberlangsungan destinasi wisata yang dimiliki.

"Menurut penilaian kami, ada 4 desa yang layak mendapatkan apresiasi sebagai desa  desa terbaik di Kabupaten Jombang dalam pengelolaan wisata," ujarnya.

Pria yang juga menjadi tim juri penilaian desa ini berharap dengan adanya penghargaan yang diberikan oleh PWI Jombang ini, mampu memacu semangat pemerintah desa yang ada di Kabupaten Jombang. Untuk menyampaikan informasi digital dengan baik dan juga meningkatkan ekonomi masyarakat dengan mengelola wisata desa.

Tak hanya berakhir pada kegiatan puncak ini saja. Untuk menjawab tantangan diera digital, yang menuntut setiap jengkal dunia untuk terlibat dalam arus digitalisasi global.

Baca Juga: Jelang Lebaran Ketupat, Perajin di Jombang Kebanjiran Pesanan

PWI Jombang tidak ingin generasi muda terjebak pada arus informasi yang menyesatkan, ataupun terjebak pada penggunaan internet yang tidak sehat.

"Sebagai bentuk dukungan PWI Jombang terhadap pembangunan generasi yang berkualitas, kami akan melaksanakan safari jurnalistik dengan sasaran pelajar dan santri di Kabupaten Jombang untuk belajar jurnalistik dan bagaimana berinteraksi menggunakan internet secara sehat," tegasnya.

Sementara tantangan jurnalisme saat ini hingga masa depan, memerlukan kesiapan pengetahuan dan skill para insan pers. Peningkatan kapasitas wartawan menjadi sebuah keharusan.

"Karena itu, selama tahun ini, kami menyiapkan sejumlah agenda capacity building bagi wartawan pada isu-isu kebencanaan, perspektif perlindungan perempuan dan anak, serta memperkuat jiwa entrepreneurship melalui studi pengelolaan dan pengembangan UMKM," kata Yusuf memungkasi. rif

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU