Puncak HPN Jatim, PWI Beri Award ke sejumlah Tokoh Daerah dan Nasional

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 27 Mar 2022 17:41 WIB

Puncak HPN Jatim, PWI Beri Award ke sejumlah Tokoh Daerah dan Nasional

i

Bupati Lamongan saat menerima penghargaan award dari PWI Jatim. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 tingkat Jawa Timur, dan Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)  yang digelar di Wisata Bahari Lamongan (WBL) berlangsung cukup meriah dan spektakuler.

Acara tasyakuran yang biasa digelar indoor di Gedung Grahadi ini, menjadi sejarah bagi PWI Jawa Timur, karena untuk kali pertama acara digelar di ruang terbuka, dengan panggung kreasi seni dan budaya yang menampilkan bedroup gitalisasi, sebagai upaya mendorong bangkitnya ekonomi dari sektor Pariwisata dan UMKM pasca pandemi.

Baca Juga: Bocah di Lamongan Tewas Tenggelam di Telaga

 

Sejumlah tokoh Nasional, mulai Said Abdullah ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI dari Fraksi PDIP,  hingga Khofifah Indar Parawansa yang menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur hingga saat ini. Tokoh daerah ada bupati Lamongan Yuhronur Efendi tokoh pemerintahan daerah, dan bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani sebagai kepala daerah inspiratif.

Sebelumnya, bupati Lamongan  juga dianugerahi penghargaan tingkat Nasional kategori tokoh pemerintahan daerah dari Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (AK-PWI) pada peringatan Hari Pers Nasional 2022 di Kendari yang digelar Februari lalu.

PWI Jatim menganugerahkan penghargaan kepada Lamongan atas kerja keras Lamongan membangun daerah. Melalui tagline "Megilan" Lamongan berkeyakinan mampu menggerakkan ekonomi daerah, pariwisata akan berkembang, industri dan perdagangan akan bangkit serta pertanian semakin maju. Gerakan cinta produk UMKM daerah yang dicanangkan juga diperuntukkan dalam menguatkan ekonomi daerah. 

Dalam menyambut rombongan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang berkenan menghadiri puncak perayaan Hari Pers Nasional 2022, Pak Yes biasa disapa memperkenalkan potensi alam dan sejarah yang dimiliki oleh Kabupaten Lamongan.

Baca Juga: Kupatan Tanjung Kodok, Lestarikan Tradisi dan Promosi Wisata Lamongan

"Alhamdulillah Lamongan ini dianugerahi sumber daya alam yang sangat luar biasa, dengan panjang pantai 47 KM dan salah satu ini adalah WBL, salah satu kebanggaan masyarakat di Kabupaten Lamongan, kami juga dianugerahi beberapa peradaban-peradaban, kejayaan di masa yang lalu, dimulai dari kejayaan Mojopahit, kita banyak temukan situs-situs yang sangat penting bagi perkembangan peradaban kejayaan Jawa Timur ini, begitu juga di peradaban islam ada Sunan Drajat dan Sunan-Sunan besar yang ada di Kabupaten Lamongan ini dan juga di masa kolonial maupun di masa-masa kemarin," terangnya.

Pak Yes juga mengungkapkan bahwa menjadi tuan rumah pada kegiatan ini akan menjadi tumpuan dalam membangun daerah semakin baik lagi. "Dengan tema "Discover The Lamongan Megilan Culture and Tourism", kami mengucapkan terimakasih khususnya Ibu Gubernur Jawa Timur dan seluruh jajaran PWI Jawa Timur yang menempatkan perayaan ini di Kabupaten Lamongan. Tentu ini seiring dengan semangat kami, untuk kebangkitan ekonomi khususnya pariwisata, yang mulai bangkit, pasca pandemi, kami terus mendorong bagaimana perkembangan, perekonomian dan pariwisata ini, bisa kembali pulih dan bangkit kembali," ungkapnya.

Pencapaian yang diraih Lamongan terutama pengendalian saat masa pandemi diberikan apresiasi oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. "Lamongan, terimakasih untuk konsistensinya dalam pengendalian pandemi. sebagai Kabupaten pertama di Jawa Timur yang menduduki PPKM level 1 itu menandakan keberhasilan pengendalian covid dan realisasi vaksinasi," tutur Khofifah.

Baca Juga: Hari Pertama Masuk, Layanan Publik Lamongan Mulai Beroperasi

Khofifah juga menitip pesan kepada Kabupaten Lamongan agar meningkatkan kembali vaksin booster menjelang bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Lamongan menjadi rujukan Kabupaten untuk bersinergi dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Pers Nasional 2022, hal tersebut disampaikan oleh Ketua PWI Jawa Timur Lutfil Hakim dalam sambutannya.

"Bakti sosial berupa bedah rumah, 8 rumah terealisasi bekerjasama dengan Pemprov Jatim dan Pemkab Lamongan yang ditempatkan di kabupaten Lamongan. Kita memberikan pengurusan secara gratis kepada UMKM bekerjasama dengan Kabupaten Lamongan dan PWI Lamongan itu ada 100 UMKM yang mendapat pengurusan gratis PIRT," tutur Lutfil. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU