Pusat Perbelanjaan Royal Plaza Ramai, Warga Berbelanja Jelang Lebaran

Suasana pusat perbelanjaan yang diserbu oleh para pengujung menjelang lebaran 1442 Hijriah di Mall Royal Plaza, Kota Surabaya. SP/ Patrick Cahyo

SURABAYAPAGI.com, Surabaya – Pusat perbelanjaan mulai dipadati warga dengan berbondong – bondong memenuhi perlengkapan pakaian sepekan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijiah. Meskipun masih dalam kondisi pandemi Covid-19 penerapan protokol kesehatan tetap diperhatikan oleh pihak pengelola mall.

Seperti memakai handsanitizer yang tersedia dipintu masuk Mall Royal Plaza serta pengukuran suhu tubuh bagi pengunjung yang akan masuk kedalam mall. Namun, kesadaran warga masih berkurang untuk menjaga jarak saat berbelanja pasalnya abai terhadap kerumunan.

Pantauan dari Wartawan Surabaya Pagi, saat pengunjung masuk pintu timur royal sudah dipenuhi antrian setelah memasuki mall nampak pengunjung sampai rela berdesakan bahkan lantai ground sampai stand foodcourt dipenuhi pengunjung.

Pusat perbelanjaan yang relatif terjangkau harganya ini menjadi jujukan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah untuk berbelanja kebutuhan pakaian menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah. Salah satu pengunjung yang berasal dari Kota Pasuruan menyempatkan diri dengan keluarganya untuk berbelanja pakaian lebaran di Mall Royal Plaza.

“Lebaran kemarin nggak bisa belanja karena masih pandemi, sekarang sudah biasa jadi kesempatan untuk berbelanja di Royal Plaza. Untung tahun ini bisa beli baju lebaran buat Hari Raya Idul Fitri,” ungkap Fahmi, Senin (3/5/2021).

Meskipun pandemi belum berakhir, melihat kerumunan saat berbelanja tetapi Fahmi menganggap sudah tidak khawatir. “Iya mendekati lebaran kan ya beli baju baru, walaupun banyak kerumunan tidak takut sih karena sudah pakai masker,” imbuhnya.

Beberapa pengunjung mengatakan hal yang sama, tidak menyurutkan niat untuk berbelanja persiapan Idul Fitri 1442 Hijriah. “Tetap Jaga jarak aja sama pakai masker untuk melindungi diri. Meskipun banyak kerumunan sih, sebenarnya ini melebihi dari kapasitas protokol kesehatan,” ungkap Agus saat menunggu keluarganya berbelanja.

Terlihat di Lantai Ground stand penjualan pakaian muslim dan peralatan sholat sangat dipadati oleh para pengunjung tanpa menerapkan protokol kesehatan. Menjelang Lebaran yang tinggal menghitung jari warga memilih waktu hari weekend.

Menjelang sore para pengunjung mulai berdatangan. Tradisi belanja pakaian baru jelang lebaran tidak terpengaruh oleh virus corona. Para pelayan toko pun terlihat sibuk meladeni para pengunjung tersebut. Di mal tersebut, kebanyakan penunjung tampak memilih baju – baju baru.

Sementara itu, petugas satgas covid -19 yang ada di mall tidak ada yang menginformasikan kepada para pengunjung, meskipun terjadi kerumunan. Pa