Pusgar Dinkes Situbondo Masuk Finalis Top Inovasi Kovablik Jatim 2021

Inovasi Pusat Kebugaran (Pusgar) Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. SP/DINEKS SITUBONDO

SURABAYAPAGI, Situbondo -  Inovasi Pusat Kebugaran (Pusgar) Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, terpilih jadi finalis Top Inovasi Kompetisi Pelayananan Publik (Kovablik) Jawa Timur 2021.

Pusat kebugaran ini merupakan salah satu inovasi pelayanan publik sebagai bentuk implementasi gerakan masyarakat. "Kami punya inovasi yaitu menyediakan fasilitas untuk meningkatkan kebugaran masyarakat. Selain itu juga sebagai upaya untuk mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga," ujar Bupati Situbondo Karna Suswandi, Senin (04/10). 

Menurut Bung Karna, sapaan akrabnya, olahraga menjadi penting untuk menjaga kesehatan di masa pandemi. Oleh karena itu, lanjut dia, keberadaan pusat kebugaran sangat berarti sebagai sarana olahraga gratis bagi masyarakat.

Bung Karna mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pusat kebugaran yang ada di di Dinas Kesehatan. Karena sehat merupakan kunci dari kesuksesan sebuah pembangunan, menuju Situbondo Berjaya (berakhlak, sejahtera, adil, dan berdaya).

"Ayo manfaatkan pusat kebugaran. Salam sehat dan produktif. Masyarakat sehat, ekonomi kuat, menuju Situbondo Berjaya," ucapanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, Rina Widharnarini mengatakan pusat kebugaran merupakan salah satu inovasi pelayanan publik, untuk menjaga kebugaran masyarakat.

"Masyarakat sudah banyak memanfaatkan pusat kebugaran yang ada di Dinas Kesehatan. Karena selain gratis, pelayanan di pusgar tidak hanya sebatas olahraga saja," ujarnya.

Pelayanan di pusat kebugaran di masa pandemi, juga melayani konsultasi kebugaran, konsultasi gizi, buku catatan status, workout total body, fitnes/gym, dan pemeriksaan risiko penyakit tidak menular (PTM) dan status gizi.

"Saat ini sudah bisa yoga juga. Namun untuk yoga ibu hamil masih berlangsung secara daring karena masih pandemi. Semua kegiatan di pusat kebugaran ini sesuai prokes," kata Rina.

Pusat Kebugaran menjadi salah satu finalis Top Inovasi Pelayanan Publik Jawa Timur 2021. Ada 45 inovasi pelayanan publik di Jawa Timur yang menjadi finalis Top Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Jatim 2021.st1/na