Puskesmas Kalianget Sumenep, Siapkan Generasi Cerdik dan Sehat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 07 Nov 2022 16:32 WIB

Puskesmas Kalianget Sumenep, Siapkan Generasi Cerdik dan Sehat

i

Kepala Puskesmas Kalianget, Drg Yenny Tri Suci, M.Kes, saat menggelar kegiatan Inovasi Pusaka Si Gendis di Kab. Sumenep. SP/Ainur Rahman

SURABAYAPAGI.COM, Sumenep - Kepala Puskesmas Kalianget Kab. Sumenep, Drg. Yenny Tri Suci, M.Kes, menggelar kegiatan inovasi dengan tema, Puskesmas Kalianget siapkan Generasi cerdik dan sehat (Pusaka Si Gendis). Kegiatan tersebut dalam rangka Hari Kesehatan Nasional yang ke 58.

Menurutnya, kegiatan dengan mengambil tema Pusaka Si Gendis itu melatarbelakangi puskesmas untuk menciptakan inovasi terhadap perkembangan kesehatan di Kab. Sumenep.

Baca Juga: Pertengahan Ramadhan, Harga Sembako di Pasar Tradisional Mulai Berangsur Landai

"Di Puskesmas Kalianget, banyak menangani ibu hamil yang mengalami komplikasi kebidanan selama kehamilan, pada saat persalinan dan nifas, ibu hamil yang mengalami komplikasi mayoritas melahirkan bayi dengan komplikasi, misalnya Bayi Berat badan lahir rendah (BBLR)  dan Asfiksia," katanya kemarin.

Dikatakan dokter, Asfiksia adalah kondisi ketika kadar oksigen di dalam tubuh berkurang. Kondisi ini bisa mengakibatkan penurunan kesadaran dan bahkan mengancam nyawa penderitanya. Asfiksia dapat disebabkan oleh berbagai hal dan umumnya bersifat darurat sehingga penanganan perlu segera dilakukan.

Selain itu,  tingginya angka pernikahan dini dan rendahnya calon pengantin mendapat akses pelayanan kesehatan reproduksi juga memberikan kontribusi terhadap tingginya kasus komplikasi kebidanan dan neonatal.

Baca Juga: Aktivis Praja Sumenep Demo Soroti Peredaran Minol

Menyadari hal tersebut,  diperlukan upaya peningkatan derajat kesehatan ibu yang dilaksanakan secara komprehensif dengan menyiapkan generasi yang sehat harus dilakukan sejak pra konsepsi bahkan saat remaja.

"Konseling pasangan calon pengantin dan pendampingan calon pengantin beresiko merupakan salah satu solusi untuk menekan angka komplikasi kebidanan dan neonatal sehingga menghasilkan generasi penerus yang berkualitas dan sehat," ungkapnya.

Ia menambahkan, keterlibatan lintas sektor juga sangat menentukan keberhasilan dari kegiatan inovasi ini. Kerjasama lintas program di dalam puskesmas seperti dokter, bidan, perawat, ahli gizi, penyuluh Kesehatan dan tenaga Kesehatan di desa.

Baca Juga: Bupati Sumenep Himbau Agar Produk Lokal Dipertahankan

"Banyak faktor pendukung untuk menentukan keberhasilan inovasi di desa, salah satu diantaranya peran serta Kerjasama dan koordinasi yang baik dengan lintas sector seperti bapak camat, bapak kepala desa, kepala KUA, tokoh agama dan tokoh masyarakat," jelasnya. 

Kedepan pihak Puskesmas Kalianget Kab. Sumenep, akan terus bersinergi dengan masyarakat dalam hal menangani kesehatan terutama dalam memberikan pelayanan prima bagi pasien dan ramah terhadap pengunjung. AR

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU