Putus Covid-19, Pemkab Gresik Akan Terapkan PPKM Berskala Mikro

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 08 Feb 2021 12:31 WIB

Putus Covid-19, Pemkab Gresik Akan Terapkan PPKM Berskala Mikro

i

Plt Bupati Gresik M.Qosim saat menerima bantuan sarana dan prasarana prokes serta alkes. SP/ BJ

SURABAYAPAGI.com, Gresik - Dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Gresik yang semakin mewabah. Pemkab Gresik berencana menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro sesuai dengan instruksi Pemerintah Pusat.

Menanggapi hal tersebut, Plt Bupati Gresik M.Qosim menuturkan, pemberlakuan PPKM skala mikro ini karena Gresik masuk wilayah Surabaya Raya yang telah diputuskan oleh Presiden Jokowi.

Baca Juga: Dinkes Gresik Beri Pelayanan Keliling Bagi Warga Bawean

“PPKM berskala mikro ini akan menyasar pada wilayah yang masuk pada zona merah sebaran yang terkonfirmasi Covid-19. Beberapa wilayah itu, antara lain Kecamatan Manyar, Kebomas, Gresik dan Menganti,” tuturnya, Senin (8/02/2021).

M.Qosim menjelaskan, wilayah kecamatan yang terindikasi masuk zona merah akan dipersempit pada tingkat desa, RW hingga RT.

“Tracing-nya akan dilakukan secara massive pada tingkatan tersebut agar penyebaran Covid-19 tidak semakin meluas,” paparnya.

Pada kesempatan itu, perusahaan peleburan tembaga skala ekspor PT Smelting memberikan bantuan berupa sarana prasarana protokol kesehatan (Prokes), dan alat kesehatan kepada Pemkab Gresik.

Baca Juga: Polri TNI Berangkatkan Tim Trauma Healing untuk Korban Gempa Bawean

Manajemen PT Smelting yang diwakili IP. Radjamin menyerahkan total 2.500 alat kesehatan berupa masker, sarung tangan karet, face shield dan baju hazmat.

“Terkait bantuan sarana prasarana prokes dari PT Smelting kepada Pemkab Gresik. Nantinya akan dialokasikan ke berbagai Puskesmas di Gresik,” ujar M.Qosim.

Masih menurut M.Qosim, di masa pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum berakhir sarana maupun prasarana prokes maupun alat kesehatan sangat dibutuhkan guna memutus mata rantai virus ini.

Baca Juga: DPRD Setuju Dana Cadangan Bantu Korban Bencana Gempa Bawean

“Selama ini kami sudah bahu-membahu mencegah penyebaran Covid-19. Selain melakukan pencegahan kami juga membantu meringankan beban masyarakat yang terimbas pandemi,” pungkasnya. Dsy11

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU