PWI dan Baznas Lamongan Serahkan Bantuan Bedah Rumah ke 5 Mustahik

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 13 Sep 2022 16:57 WIB

PWI dan Baznas Lamongan Serahkan Bantuan Bedah Rumah ke 5 Mustahik

i

Mustahik/penerima saat menerima bantuan bedah rumah yang diserahkan oleh Plt Ketua Banzas Lamongan didampingi ketua PWI Lamongan. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Lamongan, akhirnya merealisasi bantuan bedah rumah ke lima mustahik/penerima, di kantor PWI jalan Kiai Amin 12 A, Selasa (13/9/2022).

Bantuan program bedah rumah yang masih dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022 tersebut, diberikan secara tunai senilai Rp 20 juta ke lima Mustahik, yang dalam kesempatan itu hadir langsung untuk menerimanya.

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Pastikan Kebutuhan Dasar Terpenuhi dan Masyarakat Terlindungi

Ke lima Mustahik/penerima bantuan bedah rumah diantaranya adalah Masron asal Desa Moropelang Kecamatan Babat; Sampe Desa Puter Kembangbahu; Ngatilah Desa Palangan Karangbinangun; Lasimin Dusun Katar Desa/Kec Ngambang; Sandi Barokah warga Desa Ngambek Kec Pucuk Lamongan.

"Alhamdulillah hari ini kita menyerahkan bantuan bedah rumah kerjasama dengan Baznas Provinsi dan Kabupaten, semoga bantuan yang diberikan ini hasilnya bisa membuat rumah mereka menjadi layak huni," kata B Febrianto ketua PWI Lamongan.

Disebutkan olehnya, ia mengaku juga sangat bersyukur program bedah rumah sebagai rangkaian acara HPN 2022 ini bisa terealisasi.

"Ini merupakan sinergi yang bagus antara PWI Jatim dan Lamongan bersama Baznas Provinsi dan daerah Lamongan. Tentunya kami berharap program ini bisa dilakukan secara berkelanjutan," harapnya.

Dalam penyerahan bantuan bedah rumah ini lanjutnya, PWI menghadirkan lima kepala desa sebagai bentuk tanggung jawab PWI dalam memastikan bahwa penerima memang benar warga di desanya dan yang membutuhkan. 

Baca Juga: SKK Migas-PHE WMO Gelontor 1.000 Paket Sembako untuk Korban Banjir Bangkalan

 

"Setelah dilakukan penyerahan anggaran secara langsung, Kepala desa setempat beserta perangkat dan para anggota wartawan yang tergabung dalam PWI nantinya akan ikut memonitoring dalam proses pembagunannya hingga selesai," jelasnya. 

Sehingga,  Fungsi dari monitoring sebagai hal yang harus dilakukan. "Selain ketepatan sasaran, kita juga memastikan anggaran yang telah diserahkan ini langsung diwujudkan dengan pembangunan rumah. Kami ikut mengawalnya hingga selesai pembangunan," terangnya. 

Sementara itu, PLT Baznas Kab. Lamongan Bambang Eko Muljono  mengungkapkan, kalau pihaknya selama ini diberikan tugas oleh negara untuk mengumpulkan para ahli shodaqoh untuk disalurkan ke yang berhak. "Tugas itu kami wujudkan dengan menyalurkan shodaqoh itu ke para Mustahik kerjasama dengan PWI Provinsi  dan Kabupaten bersama Baznas Provinsi dan Lamongan," ungkapnya.

Baca Juga: Berkah Ramadhan, 1000 Anak Yatim dan Disabilitas Lamongan Terima Santunan

Disebutkan olehnya, dalam kesempatan itu, Pria yang juga Rektor Unisla ini melalui Baznas memberikan ruang yang terbuka kepada kepala desa dan pihak kecamatan yang hadir, untuk selalu memberikan informasi kepada Mustahik yang berhak untuk mendapatkan zakat agar bisa berkoordinasi dengan Baznas.

"Kepada Bapak atau Ibu Kades beserta camat, apabila masyarakatnya ada yang kurang mampu. Monggo bisa untuk mengajukan untuk penerimaan bantuan bedah rumah. PWI dan Baznas bersinergi dalam hal ini yang tidak lain untuk gotong royong untuk bermanfaat sesama. Mudah - mudahan apa yang kita lakukan ini dapat bermanfaat," kata Bambang Eko didampingi oleh Ka TU Baznas Syarif H dan para staf.

Selain itu, Bambang Eko meminta Kepala Desa untuk turut mensosialisasikan kepada masyarakatnya yang mampu agar berzakat. "Kami juga minta bantuan Kades dan Kecamatan untuk sosialisasi kepada masyarakat yang mampu untuk berzakat. Kita juga mendoakan agar para Muzakki diberikan rezeki yang bertambah dan barokah," harapnya. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU