Raih Akreditasi A, BPSDM Jatim Diminta Terus Tingkatkan Kompetensi ASN

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. SP/ARLANA

SURABAYAPAGI, Surabaya – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim berhasil meraih Akreditasi A dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI yang berlaku selama lima tahun.  Meski kini sudah meraih penghargaan Akreditasi A, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tetap mengingatkan BPSDM Jatim untuk terus berbenah meningkatkan kompetensi aparatur sipil negara (ASN).

"Terus tingkatkan kompetensi ASN, baik di level nasional, provinsi, ataupun kabupaten/kota di Jatim," ujar Khofifah di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, kemarin

Akreditasi A tersebut diberikan untuk empat penyelenggaraan program pelatihan yang dimiliki BPSDM Jatim. Rinciannya, Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II dengan nilai akreditasi 91,59 (A), Pelatihan Kepemimpinan Administrator dengan nilai akreditasi 91,86 (A), Pelatihan Kepemimpinan Pengawas dengan nilai 91,88 (A), dan Pelatihan Dasar CPNS dengan nilai 91,82 (A).

Gubernur Khofifah juga meminta akreditasi harus dipertahankan dengan terus melakukan pembenahan di berbagai bidang. "Ini penting, karena keberadaan BPSDM sebagai kawah candradimuka bagi para ASN sekaligus sebagai kiblat pengembangan kompetensi ke depan yang diharapkan menghasilkan ASN mandiri, profesional dan berkualitas serta menguasai IT," ucapnya.

Sementara itu, Kepala BPSDM Jatim Aries Agung Paewai mengatakan sejak Januari 2021 pihaknya telah mengajukan re-Akreditasi untuk empat program pelatihan.

"Kami menyiapkannya cukup lama, termasuk pemenuhan semua persyaratan yang dibutuhkan. Terima kasih dukungan penuh Ibu Gubernur, widyaiswara, para ASN di BPSDM Jatim serta para alumni pelatihan yang semuanya bagian dari penilaian tim dari LAN RI," katanya.

Dengan raihan akreditasi tersebut, kata Aries, pihaknya berkomitmen menjalankan program corporate university untuk menyukseskan visi misi, serta program Nawa Bhakti Satya Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim.

"Harapannya juga, ASN di Jatim akan semakin profesional dan 'CETTAR' atau sesuai tagline dari Ibu Gubernur dan Bapak Wakil Gubernur," tutur mantan kepala biro humas dan protokol Pemprov Jatim tersebut.lp/na