Raih Medali Emas Internasional, Bupati Fasilitasi Pendaftaran HAKI

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 01 Sep 2021 19:16 WIB

Raih Medali Emas Internasional, Bupati Fasilitasi Pendaftaran HAKI

i

Haryo berpose bersama bupati dan Kepsek serta jajaran dinas Pendidikan. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Muhammad Haryo Mukti Wibowoh siswa kelas 8 SMPN 2 Lamongan ini telah berhasil merebut emas dalam ajang internasional kejuaraan OCIIP (Organization for Creativity, Innovation and Invention Promotion) World IP (Intellectual Property) Fair 2021 secara online pada 26 April 2021 lalu.

Karena berhasil mengharumkan nama Lamongan di tengah pandemi covid-19 itu, bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengaku siap memfasilitasi hasil karya anak sekolah ini untuk didaftarkan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), sehingga kedepannya bisa diproduksi secara massal dan bisa menghasilkan.

Baca Juga: Bocah di Lamongan Tewas Tenggelam di Telaga

"Ini ada rencana untuk dipatenkan hak kekayaan intelektualnya, akan kami bantu fasilitasi melalui Disperindag. Agar nanti juga bisa diproduksi untuk kemudian diperjualkan," terang bupati.

Haryo, didampingi Kepala Sekolah SMPN 2 Lamongan Yayuk Setya Rahayu melakukan audiensi dengan Bupati di Ruang Kerja Bupati, Rabu (1/9/2021) menyebutkan, kalau Haryo  mengungkapkan bahwa ide membuat lilin aromaterapi berbahan dasar kulit jeruk nipis, bunga kenanga, dan daun sereh ini terinspirasi dari banyaknya limbah jeruk yang banyak ditemui di Lamongan yang terkenal sebagai Kota Soto tersebut.

Baca Juga: Kupatan Tanjung Kodok, Lestarikan Tradisi dan Promosi Wisata Lamongan

Melalui inovasi kreatifnya menciptakan lilin aromaterapi berbahan dasar jeruk nipis, Haryo berhasil memperoleh medali emas internasional kejuaraan OCIIP (Organization for Creativity, Innovation and Invention Promotion) World IP (Intellectual Property) Fair 2021, yang diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia pada 26 April. OCIIP sendiri merupakan organisasi nirlaba yang bertujuan mempromosikan dan mendukung kecerdasan kreatif, inovasi, dan penemuan yang diselenggarakan di Nigeria.

 

Baca Juga: Hari Pertama Masuk, Layanan Publik Lamongan Mulai Beroperasi

Haryo berhasil mengalahkan 24 negara dan membawa pulang medali emas pada event yang diselenggarakan secara online ini, Haryo sebelumnya juga pernah berhasil memperoleh medali perunggu dan perak.

Bupati juga berharap kedepannya akan lebih banyak putra dan putri Lamongan yang dapat pula berpartisipasi dalam event-event besar internasional serta mampu menambah perolehan medali untuk Kabupaten Lamongan. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU