Raih Predikat WBK/WBBM, Kakanwil Kemenkumham Jatim Cukur Gundul

Kakanwil Kemenkumham Jatim Krismono mencukur habis rambutnya usai Raih Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) yang ditetapkan KemenPAN-RB.SP/ MOCHAMMAD KASYFI FAHMI   

SURABAYAPAGI,Surabaya - Tak sia sia, usaha Kanwil Kemenkumham Jatim lakukan reformasi birokrasi diapresiasi dengan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari kemenPAN-RB. Kakanwil Kemenkumham Jatim berharap prestasi ini menjadi moivasi bagi seluruh jajarannya untuk memberikan yang terbaik khususnya dalam memberikan pelayanan publik yang semakin baik.

Penghargaan tersebut diberikan secara virtual. MenPAN-RB Tjahjo Kumolo didampingi oleh Ketua KPK Firli Bahuri memberikan piagam secara simbolis kepada Menkumham Yasonna H Laoly. Dari Jatim, Krismono selaku kakanwil memimpin seluruh anggota Pokja Kanwil Jatim mengikuti melalui aplikasi zoom.

"Tahun ini ada 83 satker jajaran Kemenkumham yang meraih predikat WBK/ WBBM, Kumham Jatim menyumbang 9 satker," ujar Krismono.

Selain kanwil, ada 8 satker di jajaran Kanwil Jatim yang meraih predikat WBK/WBBM. Di tahun 2020 ini ada 3.691 unit kerja yang diusulkan dalam kontestasi WBK/WBBM. Setelah dilakukan evaluasi, yang lolos berjumlah 2.570 unit kerja. Pada akhirnya, yang berhasil sampai ke tahap akhir ada 763 unit kerja. Sebanyak 681 meraih predikat WBK dan 82 meraih predikat WBBM.

Sementara itu Wakil Presiden Indonesia, Ma’ruf Amin dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang telah berhasil meraih predikat WBK/WBBM. “Tetap pertahankan apa yang sudah diraih dan terus berbenah diri,” ujarnya.

Kakanwil mengatakan sangat bersyukur dan berterimakasih kepada seluruh tim atas raihan prestasi ini. “Penghargaan yang setinggi-tinggi kepada semua yang terlibat, khususnya rekan-rekan pokja yang telah bekerja dengan luar biasa,” tuturnya. 

Uniknya, sebagai bentuk rasa syukur, salah satunya yang dilakukan Kakanwil Kemenkumham Jatim Krismono yaitu mencukur habis rambutnya usai Kanwil Kemenkumham Jatim yang dipimpinnya ditetapkan KemenPAN-RB sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). 

Aksi cukur gundul itu dilakukan usai acara penganugerahan. Ungkapan rasa bahagia tersebut juga diikuti oleh pimti lainnya yaitu Kadiv Yankumham Subianta Mandala dan Pejabat Administrasi lainnya. Kakanwil mengatakan bahwa cukur gundul ini sebagai nazar yang dia lakukan beberapa waktu lalu apabila Kanwil Jatim berhasil meraih predikat WBK. “Puji syukur kita berhasil meraihnya, karenanya nazar itu sekarang saya tunaikan,” pungkasnya. mbi