Ratusan Atlet Renang Adu Kekuatan di Kejurda Renang Jatim 2023

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 17 Mar 2023 13:22 WIB

Ratusan Atlet Renang Adu Kekuatan di Kejurda Renang Jatim 2023

i

Kejurda Renang Jatim 2023 di GOR Delta Sidoarjo.

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo – Kejuaraan Daerah (Kejurda) Renang Jawa Timur (Jatim) tahun 2023 ini digelar di kolam renang GOR Delta Sidoarjo selama tiga hari mulai 17-19 Maret 2023. Ajang tersebut diikuti oleh sekitar 740 atlet renang putra dan putri dari berbagai wilayah di Jatim.

Event tersebut dibuka oleh Ketua KONI Jawa Timur M. Nabil dengan didampingi Ketua Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Jawa Timur Dewanti Rumpoko, Ketua KONI Sidoarjo M. Franki Effendi dan Kepala Bidang Olahraga Disporapar Sidoarjo Drian Isa Yostofa, SE M.Si, pada Jumat (17/3/2023).

Baca Juga: Koni Jatim Award 2023, Kota Mojokerto Raih Penghargaan 'Pemerintah Peduli Olah Raga'

Dalam kesempatan itu, Ketua KONI Jatim M. Nabil mengaku sangat mengapresiasi adanya Kejurda Renang se Jatim 2023 ini. Menurutnya, ajang ini merupakan sebuah bentuk ikhtiar PRSI Jatim untuk merekrut atlet-atlet potensial.

Selain itu, ia menilai event ini sebagai sarana seleksi untuk mengukur kekuatan masing-masing daerah atau seleksi Porprov Jatim 2023, juga untuk Kejurnas (Kejuaraan Nasional) atau Pra PON menuju ke PON 2024.  

“Kalau di level PRSI mungkin fungsi kontrolnya di Porprov, kalau KONI Jatim levelnya Pra PON. Sehingga ini menjadi kolaborasi sinergis antara KONI dengan PRSI. Kami sangat mendukung, antusias peserta luar biasa hingga 740 atlet. Itupun dibatasi, kalau tidak ada pembatasan mungkin ya lebih banyak lagi,” kata Nabil, Jum’at (17/3/2023).

Nabill menyampaikan bahwa renang itu merupakan olahraga terukur. Oleh sebab itu, catatan-catatan pada Kejurda kali ini akan menjadi bahan untuk melakukan seleksi. Nantinya data catatan waktu tersebut bisa diberikan kepada KONI untuk data Kejurnas menuju PON mendatang.

Baca Juga: DPRD Sampang Kesengsem Prestasi KONI

“Jadi untuk jenis olahraga terukur, kegiatan seperti ini harus sering kelakukan, semakin banyak event/lomba juga semakin menciptakan kepercayaan diri para atlet,” ujarnya.

Ia pun mengharapkan munculnya bibit-bibit baru dan generasi lapis kedua dalam cabor renang tersebut.

Sementara itu, Ketua KONI Jatim M. Nabil, Ketua PRSI Jatim, Ketua KONI Sidoarjo juga Kabid Olahraga Disporapar Sidoarjo bersama pengurus dan panitia beri semangat bersama untuk para atlet yang sedang berlaga.

Baca Juga: Atlet Asal Bondowoso Meninggal saat Berlaga, Cabor Tinju Dihentikan

“Renang Jatim pada  PON Papua kemarin menjadi juara umum. Sehingga ini menjadi beban atau tantangan bagi kita minimal untuk mempertahankan, namun harapan kami ya harus meningkat. Dengan kegiatan-kegiatan seperti ini siapa nanti yang leading mengukur kekuatan-kekuatan skor atlet,” terangnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua KONI Sidoarjo M. Franki Effendi juga berharap, momen kali ini bisa dimanfaatkan atlet-atlet Sidoarjo untuk mengukur kekuatan, atau melihat peta kekuatan masing-masing atlet daerah. Terlebih lagi, sebentar lagi akan ada event Porprov ke-VIII Jatim yang digelar di Sidoarjo.

“Tentu ini menjadi ukuran bagi KONI Sidoarjo, bagaimana kesiapan atlet-atlet kita. Oleh karena itu kita harapkan Kejurda ini tetap menjunjung tinggi sportifitas, sehingga bisa untuk mengukur kekuatan dengan baik,” harapnya. sdj

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU