Ratusan Pekerja PT Pria Ikuti Donor Darah Massal

Pekerja PT Pria saat mengikuti giat donor darah massal. SP/Dwi AS

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - PT. Putra Restu Ibu Abadi (PT PRIA) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Mojokerto menggelar kegiatan Donor Darah di area Plant PT PRIA, Kamis (17/06/2021). 

Nur Witasari, Staf QHSE PT Pria sekaligus Sekretaris Kegiatan mengatakan, kegiatan donor darah dilakukan secara berkala. 

"Ini merupakan kegiatan donor darah yang kedua kali digelar dan rutin dilaksanakan tiga bulan sekali," ujarnya.

Ia menyebut, program donor darah di PT PRIA termasuk dalam program kerja Tim Panitia Pelaksana Keamanan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (P2K3L) sekaligus progam Corporate Social Responsibility (CSR).

Kegiatan donor darah ini, lanjut Nur, menyasar sekitar ratusan karyawan mulai dari operator sampai dengan jajaran direksi, mitra kerja dan warga sekitar perusahaan dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Donor darah dilakukan secara sukarela untuk pegawai dan masyarakat sekitar guna membantu sesama serta bermanfaat saat pandemi," jelasnya.

Ia menegaskan, meskipun dilaksanakan ditengah masa pandemi, kegiatan donor darah di PT PRIA tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19. 

Sebelum melaksanakan donor peserta diperiksa suhu tubuh terlebih dahulu kemudian diarahkan untuk cuci tangan dan wajib mengenakan masker. 

"Untuk menjaga lokasi terbebas dari kerumunan, panitia mengatur jadwal partisipan dari internal perusahaan berurutan sesuai dengan divisi masing-masing," imbuhnya.

Sementara itu, Mujiono, Manager Plant PT PRIA mengaku bersyukur ia bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah kali ini  "Setiap kali daftar, saya lolos seleksi kesehatan, sehingga dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini," ujarnya.

Ia berharap program ini bisa terus dilaksanakan secara rutin, karena selain bermanfaat bagi kesehatan juga bermanfaat untuk membantu sesama.

"Kami dan karyawan lainnya akan selalu support program ini.” imbuhnya.

Muji juga menambahkan, perolehan kantong darah mencapai 142 kantong dari 129 peserta. 

Hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil kegiatan donor darah periode bulan Juni meningkat dari pada periode sebelumnya. 

"Kegiatan ini sukses dilaksanakan secara rutin karena komitmen penuh dari seluruh elemen perusahaan. Karena kesadaran para karyawan, donor darah menjadi kegiatan yang tidak dapat dihilangkan," tegasnya.

Ia menuturkan, saat awal wabah Covid-19 melanda, hampir saja tidak dilakukan kegiatan rutin ini, tetapi para karyawan PT PRIA meyakinkan manajemen bahwa kegiatan akan aman karena semua akan disiplin pada protokol yang diberlakukan pemerintah. Dwy