Ratusan Peserta MTQ Kota Mojokerto Bersaing Berebut Tiket Tingkat Provinsi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 14 Jun 2022 11:54 WIB

Ratusan Peserta MTQ Kota Mojokerto Bersaing Berebut Tiket Tingkat Provinsi

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-7 Tingkat Kota Mojokerto resmi di buka Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari di Pendopo Sabha Krida Tama, Kota Mojokerto, Selasa (14/6).

Ajang penjaringan kafilah untuk mewakili Kota Mojokerto dalam perhelatan MTQ ke-30 tingkat Jawa Timur tahun 2023 mendatang ini di ikuti 234 peserta terdiri dari pelajar se-Kota Mojokerto, baik pada tingkat formal SD/MI - SMA/MA ataupun pondok pesantren.

Baca Juga: Realisasi Pajak Kota Mojokerto Naik Signifikan Capai Rp 71,4 Miliar

Terdapat lima cabang lomba yang dilaksanakan serentak hari ini, dengan lokasi penyelenggaraan berbeda.

Antara lain, yaitu lomba tilawah anak-anak di Masjid Baitun Nur Jl. Benteng Pancasila, lomba tilawah remaja di Masjid Al Ghufron Miji, lomba tartil di kantor Kemenag Kota Mojokerto, serta pidato remaja (MSQ) dan MHQ 1 juz tilawah di lingkungan kantor Pemkot Mojokerto.

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari dalam sambutannya mengatakan bahwa penjaringan dan seleksi ini dilaksanakan sebagai salah satu wujud kepedulian Pemerintah Kota Mojokerto dalam memberikan perhatian kepada qori dan qoriah.

Karena mereka adalah aset potensial yang bisa mengharumkan nama Kota Mojokerto tidak hanya di level perlombaan tapi juga kehidupan sosial beragama.

"Jangan jadikan MTQ hanya sebatas lomba untuk mendapatkan prestasi semata, namun jadikan ini sebagai media untuk meningkatkan pengalaman dalam menghadapi para dewan juri. Agar kafilah atau duta Kota Mojokerto terus dapat mengukir dan meraih prestasi yang terbaik nantinya," pesannya.

Baca Juga: Pimpin Apel Pagi Pasca Libur Lebaran, Pj Ali Kuncoro Ingatkan PR Sudah Menanti

Ning Ita sapaan akrab Wali Kota juga memberi apresiasi terhadap seluruh peserta. Sebab mereka telah berkontribusi dalam menumbuhkan kecintaan masyarakat Mojokerto, kepada Al Qur’an.

"Dengan bacaan yang indah ini semoga bisa menarik siapa saja untuk mempelajari Al Qur’an," harapnya.

Dalam laporannya Ketua Panitia MTQ Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetya yang juga sebagai Sekretaris Daerah Kota Mojokerto mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk penjaringan calon peserta terbaik dari setiap cabang musabaqah yang akan mewakili Kota Mojokerto pada event MTQ Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2023 di Kota Pasuruan.

Baca Juga: Tak Ada WFH, Pj Ali Kuncoro Tegaskan ASN Pemkot Mojokerto Kembali Kerja Usai Libur Lebaran

"Jumlah peserta sebanyak 234 anak, terdiri dari lomba tartil anak sebanyak 75 anak, lomba tilawah anak sebanyak 34 anak, lomba tilawah remaja 45 anak, lomba MSQ (Syahril Qur'an) sebanyak 54 anak dan lomba 1 Juz tilawah sebanyak 26 anak," tukasnya.

Maksud dilaksanakan MTQ ini, lanjut Gaguk, adalah sebagai salah satu sarana untuk pembinaan dan pendidikan mental spiritual melalui pemahaman dan penghayatan terhadap isi dan kandungan Alquran.

"Selain itu juga untuk melestarikan seni budaya baca Alquran dan memupuk ukhuwah islamiyah," pungkasnya. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU