Ratusan Santri TPQ Babussalam Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H

Peringatan Maulid Nabi di TPQ Babussalam ( Taman Pendidikan Al-Qur'an )  Desa Dukuhsari Jabon Sidoarjo. SP/Hikmah

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Di bulan Robiul Awwal yaitu bulan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, dianjurkan bagi kaum Muslimin untuk memperbanyak bacaan Sholawat. Dalam Al-Qur'an surah Al-Ahzab ayat 56 dianjurkan untuk membaca Sholawat,  yang artinya Sesungguhnya Allah dan para MalaikatNya bershalawat untuk Nabi. "Wahai orang orang yang beriman bershalawatlah kamu untuk Nabi dan Ucapkanlah Salam dengan penuh kehormatan kepadaNya".

Maulid Nabi Muhammad SAW atau peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW dijadikan Simbol terbitnya fajar budi pekerti dan nilai nilai luhur serta Keilahian. Adapun makna dari Maulid Nabi Muhammad SAW adalah sebagai penghormatan, pengingat atas kebesaran dan suri tauladan Nabi Muhammad SAW dalam berbagai bentuk kegiatan budaya,  ritual dan Keagamaan.

Sebagai bentuk penghormatan tersebut maka TPQ Babussalam ( Taman Pendidikan Al-Qur'an )  Desa Dukuhsari Jabon Sidoarjo yang di pimpin oleh Ustadz Khosyiin Al dan Ustadzah Ratna Hartini S.Pd, menyelenggarakan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diikuti oleh ratusan Santri dan Santriwati dibawah asuhannya, bersama para guru serta ibu ibu yang ikut mendampingi dan mengawasi santriwati cilik pada Rabu (20/10'2021) sore di Pondok TPQ Babussalam Dukuhsari RT 03 RW 01 Kec. Jabon Kabupaten Sidoarjo. 

 

Acara Maulid yang rutin diselenggarakan setiap tahun oleh TPQ Babussalam, sambil menunggu acara diisi dengan acara pembuka pembacaan Sholawat Al-Banjari oleh TPQ Babussalam sendiri, masuk ke acara inti yaitu pembacaan ayat Suci Al-Qur'an yang dilantunkan ananda April Santri TPQ Babussalam, kemudian dilanjutkan dengan pembagian pembagian hadiah.

Ratusan Santri dan Santriwati TPQ Babussalam dengan antusias ikut serta merayakan acara Maulid yang dilaksanakan  sejak sore hari dengan membawa berbagai macam buah yang sudah dibungkus dengan mika sebagai bentuk kegembiraan dan kebersamaan untuk menghormati kebesaran dan suri tauladan junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Acara peringatan Maulid tetap memperhatikan protokol kesehatan yang dianjurkan yaitu tetap memakai Masker.

Menurut Ustadz Kosyiin Al Pimpinan TPQ Babussalam Dukuhsari Jabon Sidoarjo,  bahwa kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H kali ini, juga mengadakan lomba untuk Santri yaitu kegiatan ujian materi dan praktek yang telah diajarkan oleh para guru pengasuh di kelas masing masing dan hasil dari ujian tersebut untuk pengisian nilai Rapor yang dibagikan secara langsung pada acara Maulid Nabi Muhammad SAW,  bagi Santri yang mendapatkan nilai terbaik pada masing masing kelas akan mendapatkan hadiah dari TPQ Babussalam yang diumumkan secara langsung di acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ungkap Ustadz Kosyiin Al. Hik