Ratusan Warga Kabupaten Pasuruan Akan Mendapatkan BPNT

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 25 Agu 2022 15:37 WIB

Ratusan Warga Kabupaten Pasuruan Akan Mendapatkan BPNT

i

Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Kesabaran 957 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) di Kabupaten Pasuruan diuji. Mereka tak bisa mencairkan bantuannya. Terkena status gagal bayar.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pasuruan Suwito Adi melalui Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin dan Pemberdayaan Sosial Wahono Adji mengatakan, penerima BPNT di daerahnya mencapai sekitar 128.888 KPM. Sejauh ini yang sudah tersalurkan mencapai 127.931 KPM. “Realisasinya sekitar 99,26 persen. Ada yang tidak terbayarkan,” katanya.

Baca Juga: Disnaker Kab Pasuruan Gelar Penyuluhan Bimbingan Jabatan bagi Pelajar

Ada beberapa faktor, ratusan KPM itu tak bisa mencairkan bantuannya. Di antaranya, karena ganda dalam satu Kartu Keluarga (KK), mampu atas informasi pemerintah daerah, serta meninggal dengan KK tunggal.

Baca Juga: Personil Polsek Purwosari Pasang Himbauan Mudik Aman 2024

“Yang dimaksud gagal bayar ini adalah mereka yang sudah tidak lagi berhak menerima. Karena itu, dalam sistem kemudian disebut gagal bayar,” ungkapnya.

Wahono Adji mengaku terus melakukan update data. Tujuannya, untuk memberikan kepastian bantuan secara maksimal, sehingga tidak ada yang namanya tidak tepat sasaran. Setiap bulan ada upaya pengajuan. “Terus kami ajukan. Tetapi, tentunya tidak langsung disetujui. Yang pasti kami perbaruhi terus,” jelasnya.

Baca Juga: Polres Pasuruan Kota Gelar Rapat Lintas Sektoral untuk Persiapan Operasi Ketupat Semeru 2024

Ia berpesan kepada warga penerima BPNT, bantuan ini selayaknya digunakan sebaik mungkin. Serta, diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang kurang mampu. “Semoga bermanfaat,” harapnya. ris

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU