Raup Puluhan Juta dari Bisnis Baju Online Shop

Beberapa produk baju online shop. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Memulai bisnis baru di internet memang punya sensasi tersendiri. Ada keraguan, deg-deg-an memikirkan akan ada pembeli atau tidak dan berbagai ketidakpastian lainnya. Namun, Sinta berani bereksperimen membuka toko online dengan segmen baju atau fashion hingga meraup untung puluhan juta.

Usaha Sinta berawal dari pengalamannya mencari kerja selepas ia lulus sarjana di sebuah Universitas terkemuka. Melihat ketatnya persaingan dalam mencari kerja, membuat Sinta lebih berminat untuk membuka sebuah usaha.

Sebelumnya Sinta sudah beberapa kali melakukan kerja serabutan, darisana ia mengumpulkan uang tabungan sekedar untuk membantu orang tua dan biaya hidupnya. Namun lambat laun tabungannya habis, hal itu yang membuat Sinta putar otak untuk membuka sebuah usaha toko online.

Pengembaraannya pun dimulai dari Pasar Tanah Abang, disana ia melakukan survei baju apa saja yang laris dipasaran serta terjangkau. Tidak hanya itu, Sinta juga melakukan survei kualitas baju yang unggul agar toko online baju miliknya dapat memberikan yang terbaik untuk konsumen.

Awal mula pemasaran ia lakukan dengan mengambil gambar baju-baju yang dijual disana, tentunya dengan izin si penjual toko. Lalu Sinta melakukan posting di media sosial pribadinya untuk menarik minat teman-temannya di dunia maya, hal ini efektif terlebih untuk orang yang aktif di media sosial karena selain promosi juga sekaligus riset apakah banyak peminatnya atau tidak.

Tapi perlu diketahui, memposting produk perlu cara tersendiri agar informasi yang kita berikan dapat menarik pelanggan dan berujung pada penjualan. Detail produk, variasi warna, ukuran dan bahan jadi elemen penting agar produk kita memberikan informasi yang maksimal untuk konsumen.

Lama kelamaan order pun berdatangan, Sinta mulai berkenalan dengan jasa pengiriman dan kurir dan keuntungan pun ia raih sedikit demi sedikit. Memang disadari omzet penjualan kadang naik, kadang turun disebabkan trend pakaian yang berubah-ubah, namun hal itu tidak menyurutkan semangat Sinta untuk terus memberikan variasi baju untuk para konsumennya.

Bisnis toko online yang awal mulanya hanya bermodal sekedarnya, kini sudah dapat mendapat keuntungan hingga 30 juta rupiah per bulannya.

Menurut saya, “Mencoba berbisnis online itu perlu dicoba walaupun kita masih dalam status bekerja. Kita bisa memanfaatkan waktu malam atau pagi hari sebelum bekerja. Setelah sudah settle baru bisa nyaman untuk “banting setir” menjadi entrepreneur”, ujarnya. Dsy1