Rayakan Milad Ke-105, Aisyiyah Sidoarjo Gelar Bazar UMKM dan Teken MoU Layanan Kependudukan

Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Sidoarjo menggelar acara puncak Milad Aisyiyah ke-105 yang dipusatkan di Gedung Auditorium Smamda Sidoarjo pada, Minggu (19/6/2022). SP/Sugeng Purnomo

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Sidoarjo menggelar acara puncak Milad Aisyiyah ke-105 yang dipusatkan di Gedung Auditorium Smamda Sidoarjo pada, Minggu (19/6/2022).

Aisyiyah sebagai gerakan Islam perempuan berkemajuan, pada 19 Mei 2022 merayakan miladnya yang ke-105 tahun. Milad ‘Aisyiyah kali ini mengambil tema “Sukseskan Muktamar ke-48: Perempuan Mengusung Peradaban Utama” dengan penceramah DR Mamun Murad Al-Barbasyi, MSi.

Sebelum dilaksanakan resepsi perayaan, ratusan anak-anak dari pendidikan Aisyiyah menggelar senam dan atraksi seni di halaman kantor PD Muhammadiyah yang dipimpin langsung Ketua PDA Sidoarjo Hj Zubaidah Syafi'i.

Hadir pada peringatan milad Aisyiyah ke-105, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor bersama istri Sa’adah Ahmad Muhdlor, Kepala Bakesbangpol Sidoarjo Mustain Baladan, ketua PD Muhammadiyah Sidoarjo, Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Timur, ketua PD Aisyiyah Sidoarjo Hj. Zubaidah Syafi’i serta hampir dua ribu anggota aisyiyah dari 18 kecamatan se-Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo Ahmad Mudhlor mengajak seluruh keluarga besar Aisyiyah Sidoarjo untuk semakin menata gerak langkah ke depan. Di antaranya untuk bersama-sama bekerja sama dengan Pemkab Sidoarjo dalam mensejahterakan masyarakat.

“Saya sangat berterima kasih atas kiprah dan kontribusi Aisyiyah di Sidoarjo, yang turut aktif di berbagai bidang sosial kemasyarakatan. Ke depan saya tetap berharap, ikatan kerja sama ini bisa semakin erat,” ujar Bupati Gus Muhdlor.

Pada peringatan tersebut, juga dilakukan penandatanganan MoU antara PD Aisyiyah Sidoarjo dengan Dispendukcapil untuk ikut membantu percepatan pendataan penduduk, khususnya anak-anak berkebutuhan khusus yang belum memiliki kartu identitas, serta pengurusan akte kelahiran, KK, KTP dan pelayanan kependudukan lainnya.

Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Sidoarjo Zubaidah Syafi’i mengungkapkan, penandatangan kerja sama ini, meliputi pembuatan Kartu identitas Anak (KIA), Kartu Akta Kelahiran dan kartu lain yang berkaitan dengan Dispendukcapil.

“Banyak sekali anak-anak berkebutuhan khusus yang ternyata belum memiliki kartu identitas baik akta maupun kartu anak. Kita tergugah untuk turut membantu pengurusannya,” jelas Zubaidah.

Ketua PDA Sidoarjo Hj Zubaidah Syafii juga menyampaikan berbagai paparan keberhasilan program yang selama ini sudah dilakukan Aisyiyah Sidoarjo yakni di bidang pendidikan, ekonomi dan kesehatan.

“Sebagai organisasi yang hadir membawa pencerahan, kami Aisyiyah Sidoarjo tidak berhenti untuk turut mencerdaskan bangsa. Karena landasan perjuangan Aisyiyah di tiga hal, yakni pendidikan ekonomi dan kesehatan,” urai Hj Zubaidah. Dalam bidang pendidikan, Hj Zubaidah menyampaikan bahwa Aisyiyah Sidoarjo berhasil mengelola lembaga pendidikan mulai dari TK hingga sekolah luar biasa.

Untuk kegiatan Milad ke-105, PDA Aisyiyah Sidoarjo juga menggelar bazzar UMKM untuk menggeliatkan ekonomi masyarakat yang selama dua tahun ini tiarap karena pandemi. sg