Rehabilitasi Pasar Sayur Magetan Butuh Dana Rp 240 M

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 06 Mar 2023 10:14 WIB

Rehabilitasi Pasar Sayur Magetan Butuh Dana Rp 240 M

i

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi Pasar Sayur di Magetan. Foto: Pemprov Jatim.

SURABAYAPAGI.COM, Magetan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan mengungkapkan bahwa rehabilitasi pasar sayur Kabupaten Magetan membutuhkan anggaran sebesar Rp 240 miliar.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Magetan, Sucipto mengatakan, saat ini Pemkab Magetan mengupayakan anggaran dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melakukan rehab pasar sayur mengingat tinggi biaya rehabilitasi.

Baca Juga: Pameran Tosan Aji di Magetan Bukukan Transaksi Ratusan Juta

“Untuk membangun Pasar Sayur Magetan itu dibutuhkan anggaran kurang lebih Rp240 miliar, maka kita pastikan berat untuk APBD. Kami sudah berkali kali koordinasi agar kami dibantu dari anggaran APBN,” kata Sucipto.

Selain itu, pihaknya juga berharap adanya investor yang bisa menyentuh pembangunan pasar lainnya di Kabupaten Magetan.

Minimnya anggaran pemerintah daerah, membuat Pemkab hanya akan melakukan rebab skala kecil terkait sarana dan prasarana untuk pasar pasar yang ada di Kabupaten Magetan.

Baca Juga: Pemkab Magetan Pastikan Stok Elpiji 3 Kg Aman

Dari hasil pertemuan Pemkab dengan paguyuban pedagang pasar di Magetan, mayoritas mengusulkan adanya perbaikan sarana dan prasarana di 16 pasar se-Kabupaten Magetan.

Lebih lanjut, Sucipto menerangkan, Pasar Sayur Kabupaten Magetan memiliki jumlah kios sebanyak 2.400 lapak pedagang.

“Jumlah pedagang di pasar sayur magetan ada sekitar 2.400, karena anggarannya terbatas kami nanti akan prioritaskan pasar mana yang akan didahulukan. Tentunya yang besar besar dulu sementara yang kecil rehab rehab biar tidak bocor biar tidak becek yang penting bersih,” ujarnya.

Baca Juga: Bupati Magetan: Harga Tembakau Tahun Ini Bagus

Sebagai informasi, sebelumnya Pasar Sayur Kabupaten Magetan pernah mengalami kebakaran hebat pada Juli 2016 malam yang menghanguskan ribuan kios.

Besarnya anggaran untuk melakukan rehabilitasi Pasar Sayur membuat kondisi pasar sayur Magetan belum bisa tertangani dengan baik oleh Pemkab Magetan. mgt

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU