Remehkan Seniman Lukis

Vanessa Angel

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Vanessa Angel baru saja merilis sayembara berhadiah kepada netizen yang dapat membuat lukisan foto keluarganya yang berisi suami serta anaknya, Bibi Ardiansyah dan Gala Sky Andriansyah. "Guys, info dong kalau ada akun teman kalian yang bisa melukis foto kami di canvas ukuran size (p) 135 x 105 (L) atau ukuran lebih gede dari itu juga boleh banget," tulis Vanessa Angel di Instagram dan Twitter, yang dinukil Surabaya Pagi (25/7/2021).

Selain itu, Vanessa juga akan memberikan hadiah Rp250 ribu untuk netizen yang mau merekomendasikan temannya kepada dirinya. "Yg rekomendasiin temennya di komen & terpilih jg aku kasih uang 250.000. Makasih," tutup Vanessa.

Sementara untuk sayembara ini Vanessa Angel menjanjikan hadiah sebesar Rp 5 juta bagi karya terbaik yang dipilih sendiri oleh dirinya.

Meskipun sekilas sayembara itu terlihat keren dan seru, rupanya, sayembara Vanessa Angel menuai kritik dari salah satu seniman lukis, Guruh Ramdani.

Seniman yang juga seorang dosen ini sebenarnya mengapresiasi hadiah yang ditawarkan Vanessa Angel. Tetapi akan menjadi masalah bagi mereka yang karyanya tidak dipilih dan kemungkinan bisa sia-sia.

Guruh merasa bahwa Vanessa Angel akan mendapatkan banyak sekali karya dengan hanya membayar satu karya yang ia rasa terbaik. "5 juta lumayan terutama bagi teman-teman yang sedang merintis karir berkesenian. Yang jadi masalah adalah, ini bukan order yang pasti, tapi seperti lomba, alias sudah berkarya mengorbankan waktu, tenaga, dan biaya sendiri namun sama sekali tidak ada jaminan diapresiasi," tulis Guruh Ramdani.

Lebih lanjut Guruh mengimbau agar sayembara Vanessa Angel tersebut tidak usah diladeni karena tidak setara antara modal, proses pengkaryaan dengan apresiasi yang diberikan. "Mintanya karya yang terbaik pula. Kalau mintanya yang terbaik, penghargaannya juga ya harus yang terbaik juga. Kalau seperti ini caranya, ya tidak usah diladenin", katanya.

"Dia hanya mengeluarkan secuil, namun akan banyak sekali karya yang terkumpul dan disia-siakan," pungkas Guruh. dsy17