Rempah Alami, Obati Peradangan Hingga Cegah Diabetes

Kayu Manis. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Menjaga sistem imun tubuh merupakan cara ampuh untuk menangkal berbagai virus seperti virus Covid-19. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga imun tubuh seperti rajin mengasupi tubuh dengan vitamin sampai rutin berolahraga. Cara mudah lainnya adalah dengan rutin mengonsumsi rempah-rempah.

Rempah-rempah terbukti dapat memperkuat daya tahan tubuh karena kaya akan antioksidan. Untungnya, Indonesia kaya akan rempah-rempah tradisional sehingga mudah sekali untuk didapatkan. Salah satu rempah yang terbukti memiliki banyak manfaat adalah kayu manis. Kayu manis atau cinnamon adalah jenis rempah alami. Biasanya kayu manis sering ditemukan dalam bentuk batang atau bubuk.

Manfaat kayu manis yang kaya akan antioksidan dapat melindungi dan memperbaiki sel tubuh dari kerusakkan ini. Bahkan saking tingginya akan antioksidan, kayu manis dapat digunakan sebagai pengawet makanan alami.

Selain itu, rasa hangat dari rebusan air kayu manis bermanfaat meredakan peradangan dan melepaskan tumpukan cairan yang berlebihan pada tubuh. Penggumpalan darah pada pembuluh darah dapat menimbulkan efek samping seperti kram otot, gangguan pencernaan, dan rasa sakit di seluruh tubuh.

Salah satu manfaat kayu manis adalah melancarkan sirkulasi pembuluh darah arteri dan meningkatkan kinerja otot jantung.Dengan konsumsi kayu manis, kamu akan merasakan lebih energetik dan aktivitas olahraga terasa lebih mudah

Rasa khas kayu manis yang ringan sering digunakan di manisan olahan sebagai pemanis alami dan pengganti gula. Di balik ini, sebuah studi membuktikan manfaat kayu manis dalam mengurangi gula darah. Karena hal ini, kayu manis cocok bagi penderita diabetes.Untuk merasakan khasiatnya, coba rutin mengonsumsi ½ sampai 2 sendok teh (1-6 gram) bubuk kayu manis setiap hari.

Manfaat kayu manis untuk kesehatan salah satunya mencegah pertumbuhan bakteri dan fungi dalam tubuh.Kayu manis memiliki komponen aktif, Cinnamaldehyde, yang dapat meningkatkan sistem imun dan melawan berbagai jenis infeksi seperti Listeria dan Salmonella.

Minyak kayu manis juga sering digunakan untuk meredakan gejala penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh fungi. Batang kayu manis mengandung essential oil yang ampuh menghilangkan bau mulut secara alami. Coba kunyah batang kayu manis, dijamin bakteri dalam mulut kamu hilang dalam sekejap.

Selain itu, yang menakjubkan adalah kayu manis dapat menyembuhkan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson dapat dicegah sejak dini. Menurut para peneliti, kandungan ekstrak dalam kayu manis bisa mencegah penumpukkan protein berbahaya dalam otak yang sering ditemukan di pasien Alzheimer. Manfaat kayu manis lainnya adalah berpotensi melindungi sel saraf otak (neuron) dan meningkatkan fungsi motorik, terutama bagi penderita Parkinson. Dsy14