Renovasi Akses ke Venue Utama KTT G20 Bali Kocek Dana Rp132 Miliar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 16 Nov 2022 14:57 WIB

Renovasi Akses ke Venue Utama KTT G20 Bali Kocek Dana Rp132 Miliar

i

Jalan menuju venue utama KTT G20 Bali. Foto: Kementerian PUPR.

SURABAYAPAGI.COM, Nusa Dua - Renovasi peningkatan kualitas Jalan Siligita-Apurva Kempinski sepanjang 6,5 km, yang merupakan akses utama menuju pusat konsentrasi kegiatan KTT G20 menghabiskan dana sebesar Rp132 miliar.

"Ruang lingkup peningkatan kualitas jalan termasuk penataan lansekap di sekitar ruas Siligata – Kempinski sehingga lintasan menjadi lebih cantik dan indah. Dengan beautifikasi dan penghijauan yang masif, jalan Siligita menjadi lebih ramah lingkungan,” kata Menteri PUPR Basuki melalui pernyataan tertulisnya, Rabu (16/11/2022).

Baca Juga: PUPR Bangun Bendungan Pertama di Sulbar, Dukung Program Ketahanan Pangan dan Air

Adapun anggaran tersebut dipakai untuk mempercantik Jalan Siligita – Kempinski yang dilakukan oleh kontraktor PT Waskita Karya. Pekerjaanya dilakukan sejak Maret 2022 hingga Oktober 2022 bersamaan dengan peningkatan Jalan Tanah Kilat (showcase mangrove).

Basuki mengatakan peningkatan kualitas infrastruktur jalan, baik jalan tol, nasional, maupun jalan akses bertujuan untuk memberikan kelancaran, keselamatan, keamanan, juga kenyamanan para tamu negara.

“Setelah acara KTT G20, ruas jalan yang sudah bagus juga dapat menunjang sektor pariwisata sebagai tumpuan kebangkitan perekonomian masyarakat di kawasan sekitarnya," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi di Manado, Pesan Chicken Nugget

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan bahwa peningkatan kualitas infrastruktur yang lebih ramah lingkungan ini menjadikan Provinsi Bali sangat siap sebagai tuan rumah KTT G20 sesuai dengan tema utama recover together, recover stronger.

"Hal yang menarik bahwa sebelumnya Jalan Siligita ini sempit, tidak tertata, sebagian besar tanpa trotoir dan kabel-kabel listrik yang tampak kurang rapi," tuturnya.

Baca Juga: Tak Peduli Aturan, Anggota BPD Ikut Garap Proyek Ipal Komunal Desa Dalegan Senilai Rp 500 Juta

Namun, setelah tahap pengerjaan rampung sepenuhnya, kini sepanjang jalan tersebut menjadi lebih indah dipandang.

“Kini semua sudah berubah menjadi lebih indah dan cantik. Kita bisa lihat jalannya lebar, berkansten, trotoir, dan dipercantik dengan taman. Semua kabel listrik, telekomunikasi dan fibre optik sudah kita tanam di bawah tanah," pungkas Jubir Endra. nsd

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU