Home / Politik : ANALISA BERITA

Reshuffle Kabinet Tidak Pengaruhi Konstelasi Politik

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 31 Jan 2023 19:49 WIB

Reshuffle Kabinet Tidak Pengaruhi Konstelasi Politik

i

Teguh Yuwono, Pengamat politik Universitas Diponegoro Semarang

SURABAYAPAGI, Jakarta -  Kabar reshuffle kabinet oleh Presiden Joko Widodo belakangan ini, kembali mencuat. Rabu Pon pada 1 Februari 2023, disebut akan dilakukan perombakan tersebut.

Saya menilai langkah "reshuffle" atau perombakan kabinet tidak akan terlalu mempengaruhi konstelasi perpolitikan di Tanah Air.

Baca Juga: Mengapa Gibran dan Bapaknya Diusik Terus

‘Reshuffle' sekarang ini kan hal biasa ya. Ada atau tidak 'reshuffle', tidak mempengaruhi konstelasi politik.

Isu perombakan kabinet belakangan mencuat, terlebih setelah muncul kabar kerenggangan hubungan antara Presiden Joko Widodo dengan Partai NasDem.

Pada pekan lalu, Presiden Jokowi bertemu dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Istana Kepresidenan Jakarta meski tidak ada penjelasan mengenai maksud pertemuan tersebut.

Baca Juga: Kesimpulan Paslon 01 dan 03: Sumber Masalahnya, Gibran dan Cawe-cawenya Jokowi

Perombakan kabinet bisa saja dilakukan Presiden Jokowi dalam waktu dekat untuk menegaskan posisi politiknya, terutama menjelang kontestasi Pemilihan Umum 2024.

Apakah itu (reshuffle) akan menentukan kehebohan politik, enggak akan. Hanya semakin menegaskan, misalnya si A mendukung A dari partai A. Itu saja saya kira.

Menurut saya, Presiden memang sudah seharusnya menjaga soliditas kabinet yang dipimpinnya dengan berbagai upaya, termasuk merombak kabinet jika memang langkah itu diperlukan.

Baca Juga: Kesimpulan Sengketa Pilpres 2024, Diserahkan Selasa ini

 Saya kira jelas begitu. Di mana pun presiden itu 'the most ultimate power'. Ketika kemudian ada yang tidak loyal, ada yang memutuskan selesai di tengah jalan, harus ada penegasan dari pemimpin nasionalnya.

(Lewat keterangannya dalam menanggapi isu perombakan cabinet di Semarang yang dikutip dari laman ANTARA dittulis pada Selasa (31 Januari 2023)

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU