Resmikan Gedung Kopwan Bina Mandiri, Bupati Mojokerto Harapkan Koperasi Jadi Pusat Ekonomi Masyarakat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 06 Apr 2022 17:14 WIB

Resmikan Gedung Kopwan Bina Mandiri, Bupati Mojokerto Harapkan Koperasi Jadi Pusat Ekonomi Masyarakat

i

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati melihat olah UMKM. SP/Dwy AS

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Guna menjadi mitra kerja yang handal dalam permodalan usaha anggotanya, Koperasi Wanita (Kopwan) Bina Mandiri resmi memiliki gedung dan menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun 2021. Dalam hal ini, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menghadiri dan meresmikan gedung kopwan yang berada di Jl. Ahmad Yani, Desa Pohkecik, Kecamatan Dlanggu, Rabu (6/4) siang.

Dalam hal ini Kopwan Bina Mandiri mendapat sertifikat pemeringkatan koperasi dengan Nomor 000-301/LIPK-NN/XI/2021 dengan Predikat 'berkualitas' (AAB). Dalam sejarah terbentuknya, Kopwan Bina Mandiri mendapat dana hibah dari Provinsi Jawa Timur senilai Rp 25 juta pada tahun 2009 dan pada tahun 2011. Tahun 2022 putaran omset koperasi senilai Rp 1 miliar lebih, menandakan bahwa koperasi tersebut dapat menjadi pusat ekonomi masyarakat dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Mojokerto.

Baca Juga: Fenomena ‘War Takjil’ Ramadhan Jadi Berkah dan Peluang UMKM Tingkatkan Penjualan

Dalam sambutannya, Ikfina mengapresiasi hasil kinerja dari anggota Kopwan Bina Mandiri dalam merealisasikan gedung tersebut dengan tujuan mempermudah anggota koperasi dalam menunjang kinerja dan kegiatan koperasi tersebut.

"Artinya ini adalah satu hal yang luar biasa dan ini adalah hasil kerja keras bapak ibu, dan tidak cukup kerja keras tetapi juga kerja sama, karena ini adalah koperasi bukan usaha milik pribadi," pungkasnya.

Lebih lanjut, terkait mengembangkan koperasi, Ikfina menjelaskan bagaimana proses kerja sama antara pengurus koperasi dan anggota koperasi dalam proses simpan pinjam di koperasi.

"Yang bisa memberikan kas itu adalah karena anggotanya ini menyimpan uangnya di koperasi dan lebih lagi mereka mau pinjam dan kemudian mengembalikan tepat waktu, di situlah koperasi bisa berkembang," tuturnya.

Baca Juga: Bupati Mojokerto Instruksikan Percepatan Pembangunan Infrastruktur Rp 340 Miliar

Selain membahas tentang mengebangkan koperasi, Bupati Mojokerto menjelaskan terkait sejarah terbentuknya koperasi pada era reformasi.

"Koperasi ini adalah satu lembaga ekonomi kebanggaan Indonesia karena ini digagas oleh Wakil Presiden RI pertama Mohammad Hatta terkait dengan koperasi, bagaimana semuanya ini menemukan moda untuk dikelola bersama Kemudian keuntungannya dibagi bersama, sehingga bekerja keras bersama-sama untuk kepentingan bersama," pungkasnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di lingkup Pemkab Mojokerto mengucapkan terima kasih kepada para pengurus dan anggota koperasi dan berharap kedepannya koperasi dapat menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: Lia Istifhama: War Takjil Menjadi Momen Tepat Support UMKM

"Saya mengucapkan terima kasih kepada panjenengan semua yang sudah berjuang keras untuk selama ini sehingga kita bisa melihat secara nyata aset yang dimiliki oleh koperasi, mudah-mudahan bisa menjadi bibit yang bermanfaat," jelasnya.

Setelah memberikan sambutan Bupati Mojokerto meresmikan gedung Koperasi Wanita Bina Mandiri dengan pemukulan gong dan potong pita sebagai tanda diresmikannya gedung tersebut. Tidak lupa adanya penandatanganan prasasti oleh Bupati Mojokerto untuk menjadi saksi sejarah diresmikan oleh Bupati Mojokerto. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU