Respon Permintaan Gubernur Khofifah, Puluhan RS Mulai Jemput Bola Oksigen Medis

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 13 Jul 2021 13:42 WIB

Respon Permintaan Gubernur Khofifah, Puluhan RS Mulai Jemput Bola Oksigen Medis

i

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi PT Samator Gas Industri yang telah dijadikan hub di  Kabupaten Madiun, Senin (12/7/2021). SP/ARLANA

SURABAYAPAGI, Madiun - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi langkah cepat sejumlah rumah sakit yang segera merespon permintaanya untuk melakukan aksi jemput bola oksigen medis ke distributor. 

 Menurutnya, disaat darurat seperti ini memang dibutuhkan aksi-aksi diluar kebiasaan. Tidak bisa lagi RS menunggu pengisian okisgen oleh produsen lantaran permintaan yang terus membludak beberapa pekan terakhir ini. 

Baca Juga: Pemkab Madiun Serahkan Bantuan RTLH 550 Unit

 “Tadi ada 21 RS di Madiun Raya  yang sudah mulai proaktif mengisi kebutuhan oksigennya. Bahkan mereka ikut juga membantu mengangkat silindernya,” ungkap Khofifah saat mengunjungi PT Samator Gas Industri yang telah dijadikan hub di  Kabupaten Madiun, Senin (12/7/2021). 

cdcc7dd7-821a-4dba-851b-964730f583dacdcc7dd7-821a-4dba-851b-964730f583da

 Khofifah berharap semua rumah sakit yang ada di Jatim mengambil langkah serupa dengan secara aktif mengantarkan tabung oksigen atau  silinder oksigennya langsung ke produsennya saat ketersediaan mulai menipis. 

Baca Juga: Pilgub Jatim 2024, TKD Prabowo-Gibran Jadi Timses Khofifah

 “ Saya sudah koordinasi dengan Pangdam dan Kapolda serta Forkopimda Kabupaten/ Kota  agar saling bergotong royong membantu jika ada rumah sakit yang membutuhkan percepatan suplai oksigen. Jadi  saat ini tidak bisa menunggu produsen datang dan mengambil silindernya seperti sebelumnya , antarkan segera dan isi jika dirasa ketersediaan oksigen sudah menipis. Kalau menunggu diisi produsen, kasihan pasien yang membutuhkan. Prinsipnya saling proaktif,” ujarnya. 

e7bf21e3-039f-4596-9ee6-c8dd35abc137e7bf21e3-039f-4596-9ee6-c8dd35abc137

 Terkait kebutuhan armada angkut, Khofifah mengatakan dirinya sudah berkoordinasi dengan seluruh bupati dan walikota juga Pangdam dan Kapolda untuk membantu penyediaanya. 

Baca Juga: Gelar Bazar Ramadhan Berkah di Tiga Kecamatan

 “Silahkan berkoordinasi dengan bupati dan walikota atau Kapolres dan Dandim setempat jika kekurangan tenaga dan  armada angkut. InsyaAllah semua siap saling membantu,” imbuhnya. 

 Khofifah memastikan pasokan oksigen untuk pasien Covid-19 di Jawa Timur dalam kondisi cukup dan tidak berkekurangan. Dalam beberapa hari terakhir ini dirinya terus berkeliling Jawa Timur dan mengunjungi sejumlah produsen oksigen untuk memastikan pasokan oksigen aman. By

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU