Ribuan Nahdliyin Meriahkan Harlah NU, Bupati Mojokerto Berpesan Jaga Kesehatan, Keamanan, dan Keselamatan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 07 Feb 2023 16:12 WIB

Ribuan Nahdliyin Meriahkan Harlah NU, Bupati Mojokerto Berpesan Jaga Kesehatan, Keamanan, dan Keselamatan

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati memberangkatkan secara langsung sedikitnya 2.500 Nahdliyin Kabupaten Mojokerto yang akan turut serta memeriahkan peringatan Hari Lahir (Harlah) Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Selasa (7/2) besok. Pada momen itu Bupati Ikfina berpesan kepada seluruh Nahdliyin Kabupaten Mojokerto untuk menjaga kesehatan, keamanan, dan keselamatan dirinya masing-masing.

Dalam pelaksanaannya, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Mojokerto akan membagi tiga lokasi titik keberangkatan, yakni di Lapangan Desa Canggu, Kecamatan Jetis, selanjutnya di Terminal Mojosari, Jalan Raya Brawijaya, Kecamatan Pungging, dan yang terakhir di kantor PCNU Kabupaten Mojokerto di Jalan RA Basuni, Kecamatan Sooko, yang akan diberangkatkan secara serentak.

Baca Juga: Perkokoh Sinergitas, Pemkab Mojokerto Gelar Buka Puasa Bersama Ratusan Ulama dan Umaro

Bupati Ikfina juga berkesempatan memberangkatkan secara langsung warga Nahdliyin Kabupaten Mojokerto yang berangkat di kantor PCNU Kabupaten Mojokerto, yang juga turut dihadiri oleh Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Al Barraa, Kapolres Mojokerto AKBP Wahyudi, Dandim 0815 Mojokerto Letkol Inf M. Iqbal Prihanta Yudha, Ketua PCNU Kabupaten Mojokerto KH Abdul Adhim Alwi.

Serta juga turut mendampingi Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Mojokerto Yo'i Afrida, Kepala DPRKP2 Kabupaten Mojokerto Rachmat Suharyono, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Mojokerto Nugraha Budhi Sulistya, dan Forkopimca Sooko.

"Pemerintah daerah diminta untuk memberikan dukungan demi kelancaran keamanan dan ketertiban kegiatan ini, karena bagaimanapun apabila nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka tidak hanya kita, tetapi nama besar NU yang dipertaruhkan, maka saya minta tolong kepada semuanya untuk menjaga kesehatan, keamanan dan keselamatan dirinya masing-masing," ucap Ikfina, Senin (6/2) malam.

Bupati Ikfina juga menjelaskan, bahwa Pemkab Mojokerto telah menyiapkan posko yang berada di depan Pondok Mutiara, Sidoarjo untuk warga Nahdliyin Kabupaten Mojokerto. Selain itu, di posko tersebut juga telah disediakan 2 tangki air dengan kapasitas 5000 liter per tangki dan dua ponten.

Baca Juga: Bupati Mojokerto Instruksikan Percepatan Pembangunan Infrastruktur Rp 340 Miliar

Selain itu, Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto juga menyiapkan sebanyak 2.300 makan dan minuman (Mamin) untuk Nahdliyin Kabupaten Mojokerto  yang akan dikirim langsung ke posko sekira pukul 04.00 besok pagi.

"Sehingga nanti butuh koordinasi dari masing-masing LO (Liaison Officer), atau barangkali masing-masing MWC Kecamatan untuk bisa mengambil makanan tersebut," jelasnya.

Orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto berpesan, agar Nahdliyin Kabupaten Mojokerto juga menjaga kebersihan lingkungan sesuai amanat yang telah disampaikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa terkait menjaga kebersihan.

Baca Juga: Ratusan Anak Yatim Trowulan Terima Santunan Bupati Ikfina

"Pemerintah Daerah Sidoarjo sudah menyediakan kantong-kantong plastik besar yang ditempel di setiap pohon di lokasi, sehingga saya minta tolong kalau nanti ada sampah-sampah yang dihasilkan tidak dibuang sembarangan, tetapi tolong dimasukkan ke kantong plastik besar yang sudah ditempel  di masing-masing pohon," pintanya.

Sementara itu, Kapolres Mojokerto AKBP Wahyudi mengungkapkan, untuk mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Harlah Satu Abad NU di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, maka Polres Mojokerto juga sudah menyiapkan personil untuk berjaga di lokasi tersebut, serta akan mengawal keberangkatan Nahdliyin Kabupaten Mojokerto hingga kembali ke Bumi Majapahit.

"Insya Allah kami dari Forkopimda Kabupaten Mojokerto bersama Bupati, Pak Dandim dan pihak kepolisian siap dan wajib mendukung," pungkasnya. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU