Ribuan Nakes di RSUD dr. Iskak Disuntik Vaksin Covid-19

Dokter di RSUD dr. Iskak saat divaksin Covid-19. SP/ JT

SURABAYAPAGI.com, Tulungagung - Ribuan tenaga kesehatan (nakes) di RSUD dr. Iskak Kabupaten Tulungagung mulai disuntik vaksin Covid-19 pada hari ini Kamis (28/1/2021). Penyuntikan tersebut dilakukan secara bertahap hingga seminggu kedepan.

Direktur RSUD dr. Iskak melalui Wadir Pelayanan, Zumrotul Aini mengatakan, di rumah sakit milik pemerintah kabupaten Tulungagung ini ada 1.486 nakes, yang terdiri dari petugas kesehatan, petugas kebersihan, petugas keamanan dan manajemen RS, semua akan diberi vaksin Covid-19.

“Kita laksanakan (vaksinasi) Insya Allah dalam waktu 7 hari,” ujarnya.

Zumrotul Aini kembali menambahkan bahwa, pemberian vaksin dilakukan di 2 tempat, di skylab dan Graha Juta Husada RSUD dr. Iskak.

Sebelum dilakukan vaksinasi, nakes di periksa kesehatannya terlebih dahulu. Pemeriksaan tersebut meliputi diantaranya, suhu tubuh, tekanan darah, riwayat penyakit dan gejala lainnya.

Jika dinyatakan lolos screenning, maka akan dilanjutkan vaksinasi. “Di meja 4 (setelah meja Vaksinasi) adalah observasi KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi) awal,” ujar wanita yang juga menjadi tim vaksin RSUD dr. Iskak ini.

Observasi KIPI awal dilakukan selama 30 menit pertama. Gejala yang mungkin timbul adalah shock hingga hilang kesadaran. Gejala ringan KIPI berupa meriang, pusing, mual, dan nyeri di bekas suntikan.

“Menurut data KIPI yang muncul kategori ringan. Prosentasenya 0,1 hingga 1 persen,” jelas Aini.

Vaksin yang diberikan dari Sinovav, asal China. Setelah tidak timbul KIPI pada 30 menit awal, maka bisa melakukan aktifitasnya dan dibekali sertifikat vaksinasi awal.

Selanjutnya akan mengikuti vaksinasi lagi selang 2 Minggu. KIPI tak hanya muncul pada 30 menit awal. Namun bisa saja selang beberapa hari pasca vaksinasi.

Jika muncul KIPI, maka bisa menghubungi nomor PSC (Public Safety Center) 0355 320119 atau WA ke nomor 0822 3009 4119. “Diluar RS sudah membentuk PIC-PIC dan terhubung dengan PSC dibawah Komda KIPI Kabupaten,” pungkasnya. Dsy8