Ribuan Petasan dan Puluhan Sound System Disita Polres Blitar Kota

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 19 Mei 2021 18:34 WIB

Ribuan Petasan dan Puluhan Sound System Disita Polres Blitar Kota

i

Kapolres Blitar AKBP Leonard M Sinambela SH.S.IK MH saat akan memusnahkan barang bukti petasan. SP/Hadi Lestariono

 

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Selama kurun waktu berlangsungnya Operasi Ketupat sejak tanggal 6 hingga 17 Mei 2021, Polres Blitar menyita 1.280 petasan dan 4,25 kilogram bubuk peledak, selain itu Polres Blitar juga menyita puluhan sound system yang digunakan dalam ronda sahur dan takbir keliling.

Baca Juga: Satlantas Polres Blitar Kota Lakukan Survei Pengaturan Arus Lalu Lintas

Kapolres Blitar AKBP Leonard M Sinambela SH.S.IK MH dalam keterangan pers pada Rabu (19/5) pukul 13.00  menjelaskan, pihaknya mengintensifkan razia petasan bersamaan dengan operasi pengamanan malam takbir pada Rabu malam hingga Kamis dini hari.

"Karena ini tradisi masyarakat menyalakan petasan menjelang dan terutama, pasca-shalat Id. Kita lakukan razia karena melanggar hukum, membahayakan keselamatan masyarakat, dan mengganggu kenyamanan," jelas AKBP Leonard saat  pers release dari hasil Operasi Ketupat 2021 di wilayah hukum Polres Blitar, Rabu (19/5).

AKBP Leonard juga  mengatakan, di wilayah hukum Polres Blitar pihaknya berhasil menggagalkan belasan kasus dimana terdapat warga yang hendak menyalakan petasan setelah shalat Id dan menyita 599 petasan, 117 selongsong petasan, dan 250 gram bubuk bahan peledak untuk petasan.

"Dari razia petasan, kami mengamankan puluhan orang dari belasan lokasi yang berbeda-beda. Namun, hanya dua dari mereka yang kami proses secara hukum dengan Undang-Undang Darurat tentang kepemilikan bahan peledak," terang AKBP Leonard.

Baca Juga: Perang Sarung di Blitar Digagalkan, Belasan Remaja Diamankan

Di sisi lain orang nomor satu di Polres Blitar ini juga mengungkapkan ada dua hal selain ungkap petasan, yakni kelanjutan dari larangan mudik yang diperpanjang sampai 24 Mei mendatang, juga tentang perwujudan jaga Kamtibmas selama persiapan puasa sampai hari lebaran.

"Untuk penyekatan telah kita persiapkan jauh jauh sebelum puasa ada di 3 titik, selain itu mengoptimalkan PPKM Mikro, dalam penyekatan kita telah putar balikan ranmor ada 2476 kendaraan terdiri mobil dan motor," tambah AKBP Leonard.

Juga beberkan penurunan angka kecelakaan menurun baik yang luka maupun yang meninggal dunia, untuk tindak kejahatan pun juga turun.

Baca Juga: Program Curhat Kamtibmas, Polsek Sukorejo Dengarkan Masukan Warga

Sebelum mengakhiri jumpa pers, Kapolres didampingi Kasat Reskrim, Kasat Lantas  melakukan perendaman bahan petasan dengan cara di guyur air yang ditempatkan dalam kotak besar plastik, setelah benar benar basah dan tidak membahayakan, bubuk bubuk petasan itu ditanam. Les

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU