Ribuan Rumah di Probolinggo Terendam Banjir Setinggi 1,5 M

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 28 Feb 2021 12:54 WIB

Ribuan Rumah di Probolinggo Terendam Banjir Setinggi 1,5 M

i

Banjir kiriman lereng Gunung Bromo terjang dua desa di Probolinggo. SP/ PBL

SURABAYAPAGI.com, Probolinggo - Luapan Sungai Kedung Galeng Kabupaten Probolinggo setelah hujan deras mengakibatkan sebanyak ribuan rumah dua desa terendam banjir setinggi 1,5 meter pada Minggu (28/2/2021) dini hari.

Menurut warga Desa Kedung Dalem, Bastian (50) mengatakan bahwa dua desa tersebut yakni Desa Kedung Dalem dan Desa Dringu, Kecamatan Dringu. Sungai Kedung Galeng ini tidak mampu menampung tingginya debit air dari atas Lereng Gunung Bromo di Kecamatan Sumber.

Baca Juga: Pj Bupati Probolinggo Ajak ASN Tingkatkan Kinerja

"Banjir Probolinggo tiba-tiba datang pukul 21.00 WIB, warga langsung panik, menyelamatkan barang berharga. Seperti surat penting dan barang elektronik. Barang lainnya ditinggal saja sambil menunggu banjir surut," ujarnya, Minggu (28/2/2021).

Selain itu, sebagai antisipasi banjir bandang yang parah beberapa warga juga mengeluarkan kasur, pakaian dan barang lainnya untuk dievakuasi ke tempat lebih aman. Tujuannya untuk dijemur saat matahari terbit.

Baca Juga: 16 Titik di Kota Malang Terendam Banjir

Sementara petugas BPBD Kabupaten Probolinggo, dibantu TNI/Polri melakukan pengecekan dan bantu warga melakukan bersih-bersih. Selain itu menyiapkan perahu karet di lokasi banjir mengantisipasi banjir susulan.

"Kita prihatin karena setiap musim hujan wilayah di 2 desa ini selalu menjadi langganan banjir, namun hari ini paling terparah seperti tahun 2010. Kami berharap warga selalu waspada bencana, jika terjadi hujan deras terlalu lama," ujar anggota Komisi II DPRD Kabupaten Probolinggo, Reno Handoyo.

Baca Juga: Gerakan Gotku Resik di Probolinggo Digencarkan

Rencananya, BPBD Kabupaten Probolinggo akan mendirikan tenda dan dapur umum di lokasi banjir. Dan mengerahkan petugas Tagana, dan pihak Forkopimka Dringu untuk membantu warga terdampak banjir kiriman dari Lereng Gunung Bromo. Dsy10

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU