Ribuan Warga Miskin Bakal Dapat Bantuan dari Pemkot Mojokerto

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 30 Mar 2022 17:12 WIB

Ribuan Warga Miskin Bakal Dapat Bantuan dari Pemkot Mojokerto

i

Pemkot Mojokerto berencana menyalurkan bantuan bagi ribuan warga kurang mampu. SP/Dwy AS

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Pemerintah Kota Mojokerto berencana menyalurkan bantuan bagi ribuan warga kurang mampu, penyandang disabilitas dan anak yatim/piatu di Kota Mojokerto.

Menurut data dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DinsosP3A) Kota Mojokerto ada 5 (lima) jenis bantuan yang rencananya akan direalisasikan pada bulan April 2022 bertepatan dengan bulan Ramadhan 1443 .

Baca Juga: Sosialisasi PPDB Online 2024, Pj Wali Kota Mojokerto Minta Jangan Ada Sekat Geografis dan Minimalisir Persoalan Klasik

Diantaranya bantuan sembako bagi tukang becak, bantuan sembako bagi penyandang disabilitas, bantuan uang tunai kepada anak yatim/piatu non panti, bantuan uang tunai kepada anak yatim dan piatu non panti, serta bantuan uang tunai kepada lansia kurang mampu.

"Dari APBD Kita menganggarkan bantuan untuk 2.765 KPM, terdiri dari bantuan sembako bagi tukang becak sebanyak 550 KPM, bantuan sembako bagi penyandang disabilitas sebanyak 300 KPM, bantuan uang tunai kepada anak yatim/piatu non panti 400 KPM, bantuan uang tunai kepada anak yatim dan piatu non panti sebanyak 15 KPM, serta bantuan uang tunai kepada lansia kurang mampu sebanyak 1.500 KPM,” ungkap Susilawati, Sekretaris DinsosP3A Kota Mojokerto saat ditemui di kantornya, di jalan Benteng Pancasila No.25 Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto. Selasa (29/3).

Dijelaskan Susi, Jumlah penerima bantuan tersebut masih akan dilakukan verifikasi ulang oleh tim surveyor dari DinsosP3A Kota Mojokerto sebelum dilakukan penyaluran. Verifikasi ulang dilakukan guna menghindari double data dan memastikan bantuan tepat sasaran.

“Meski penerima manfaat sudah kami data di tahun 2021, namun dari jumlah sekian tadi masih akan kami lakukan verifikasi ulang untuk menghindari double data, dan memastikan apakah si penerima manfaat masih berhak menerima atau tidak sehingga bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran,” jelasnya.

Baca Juga: Meriah, Lomba Patrol Ramadhan Diikuti Ratusan Pelajar dan Karang Taruna Se Kota Mojokerto

Selain bantuan yang dianggarkan dari APBD, dibawah kepemimpinan Wali Kota Ika Puspitasari Pemerintah Kota Mojokerto juga menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Mojokerto yang juga akan menyalurkan bantuan berupa uang tunai bagi 150 anak dari keluarga kurang mampu melalui program Senyum Yatim, dan Duafa Kids kategori yatim/piatu.

Dwi Hariadi selaku Ketua Baznas Kota Mojokerto saat dikonfirmasi secara terpisah menjelaskan, bantuan yang diberikan melalui Baznas diperuntukan bagi anak yatim/piatu Kota Mojokerto yang belum tercover oleh bantuan APBD tahun 2022 Kota Mojokerto.

“Rencananya bulan April besok, Baznas Kota Mojokerto bersama Pemkot Mojokerto akan memberikan santunan kepada 150 anak yatim/piatu dari keluarga kurang mampu yang terdiri dari program senyum yatim sebanyak 120 anak, dan 30 anak melalui program duafa kids,” kata Dwi.

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Karyono Segera Salurkan Bantuan 1.000 Baja Ringan ke Pulau Bawean

Dijelaskan Dwi Hariadi, jumlah penerima santunan melalui Baznas tersebut dapat berubah sesuai hasil verifikasi dilapangan yang dilakukan oleh Baznas Kota Mojokerto. Dwi

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU